facebook

4 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Harus Istirahat dari Media Sosial, Gunakan dengan Bijak!

Rizky Melinda Sari
4 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Harus Istirahat dari Media Sosial, Gunakan dengan Bijak!
Ilustrasi media sosial. (pexels)

Media sosial yang banyak sekali jenis serta kemudahan untuk mengaksesnya terkadang berdampak tidak baik bagi diri kita sendiri. Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah kencanduan media sosial atau medsos.

Kencaduan medsos membuat kita merasa tidak bisa lepas sama sekali dari ponsel dan selalu ingin mengetahui berita terbaru. Hal ini membuat kita selalu berada di sekitar ponsel sepanjang hari.

Ketergantungan medsos akan membawa dampak negatif, salah satunya berukurangnya tingkat produktivitas kamu. Kamu merasa malas melakukan hal lain dan hanya ingin bermain ponsel seharian.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu harus istirahat dari media sosial. Berikut empat tanda bahwa kamu harus istirahat dari media sosial.

1. Media sosial membuat kamu insecure

Terlalu sering melihat kehidupan yang orang lain tampilkan melalui akun pribadi mereka di media sosial, tanpa sadar kita pasti akan membandingkan kehidupan mereka dengan kehidupan kita.

Misalnya mulai dari kehidupan percintaan, pendidikan, pekerjaan, liburan, semua itu akan membuat kita merasa insscure dan menjadi manusia paling tidak beruntung sedunia.

Kalau sudah seperti itu, segera berikan jarak antara kamu dan media sosial. Berikanlah dirimu ruang untuk istirahat dari media sosial.

2. Media sosial membuat kamu overthinking

Mudahnya beragam informasi yang menyebar di media sosial membuat kamu kewalahan untuk mengikuti seluruh perkembangannya. Ingin cuek, nanti takut dikira tidak mengikuti perkembangan zaman. Hal ini akan membuat kamu berusaha mencerna semua informasi yang ada, ujung-ujungnya kamu kelelahan dan berakhir overthinking. 

Istirahatlah beberapa saat dari media sosial, karena kamu berhak mendapatkannya. Ketinggalan beberapa informasi tidak lantas membuat hidupmu berantakan, kok, karena informasi masih bisa dicari di lain waktu.

3. Media sosial membuat kamu dikendalikan

Tanda lainnya bahwa kamu benar-benar harus istirahat dari media sosial adalah ketika kamu menjalani kehidupan dan melakukan sesuatu hanya untuk kepentingan media sosial. Misalnya, kamu membeli baju karena ingin terlihat berkelas dan diunggah di media sosial, kamu pergi liburan hanya untuk bahan update status, dan lain sebagainya.

4. Media sosial membuat produktivitasmu terganggu

Tanda terkahir bahwa kamu harus berhenti sejenak dan beristirahat dari media sosial adalah ketika produktivitas dan semangat kamu mulai terganggu. Kamu berhenti ketika mulai merasa malas melakukan apa pun, sehingga hanya ingin rebahan dan bermain ponsel sepanjang hari.

Itulah empat tanda bahwa kamu harus segera istirahat dari media sosial. Gunakan media sosial dengan bijak, jangan sampai hidup kita yang dikendalikan oleh media sosial.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak