facebook

5 Tahap yang Umum Dialami Seseorang Usai Kehilangan Orang Tersayang, Pernah Merasakannya?

Xandra Junia Indriasti
5 Tahap yang Umum Dialami Seseorang Usai Kehilangan Orang Tersayang, Pernah Merasakannya?
Ilustrasi Putus Cinta. (freepik)

Putus cinta dan kehilangan orang tersayang merupakan momen yang paling tidak ingin dirasakan oleh siapapun, terlebih bagi mereka yang sedang menjalani hubungan asmara.

Pasalnya, masa-masa seperti ini akan membawamu pada beberapa tahap yang cukup merepotkan. Nah, berikut 5 diantaranya yang perlu diketahui.

1. Adanya Penyesalan

Tahap pertama yang dialami seseorang saat putus cinta adalah penyesalan. Ia menyayangkan hubungan yang telah lama dibentuk tersebut harus berakhir. Meski sudah paham risikonya, ia tetap merasa rugi dan menyesal karena kembali berstatus lajang. Dimana menurutnya akan lebih kesepian.

2. Mulai Pasrah

Usai menyesal, kamu yang baru saja kehilangan orang tersayang akan mulai merasa pasrah. Pasalnya, kamu mengetahui bahwa tidak mungkin untuk kembali menjalani hubungan asmara bersama. 

Hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang sulit membuatmu dan sang mantan dapat bersatu. Maka dari itu, kamu akan lebih sering mengenang momen di masa lalu hingga menahan rindu untuk bertemu.

3. Kesedihan yang Mendalam hingga Depresi

Tahap selanjutnya adalah kesedihan yang begitu mendalam hingga mengalami depresi. Kamu terus-terusan memikirkan sang mantan yang bukan lagi menjadi pasangan sampai rela menderita gangguan kesehatan mental.

Lalu, kamu juga sudah tidak ada minat untuk melakukan kehidupan bahkan aktivitas. Setiap harinya selalu kamu isi dengan berdiam diri dengan perasaan cemas, khawatir, takut, dan kesepian. Ditambah hal-hal negatif yang selalu datang menghantui pikiranmu.

4. Ingin Lari dari Kenyataan

Puncak kesedihan akibat ditinggal orang tersayang adalah ingin lari dari kenyataan. Kamu seolah sudah tak tahan menanggung beban yang dianggap begitu berat, sehingga enggan untuk tetap hidup di dunia.

Orang seperti ini biasanya terlalu bergantung pada pasangan saat masih menjalani hubungan asmara. Ditambah waktu hubungannya yang mungkin sudah bertahun-tahun. Jadi, begitu tak lagi bersama, ia merasa kesulitan untuk hidup mandiri. 

5. Mulai Bisa Menerima Kenyataan

Saat sudah melalui banyak masa sulit, kamu akan berada pada tahap mulai menerima kenyataan. Semangat yang sempat surut kembali bangkit dan bisa menjalani kehidupan seperti biasanya. Selain itu, kamu juga siap untuk berkenalan, didekati, hingga menjalin hubungan asmara dengan orang baru.

Itulah lima tahap yang biasanya dialami oleh seseorang usai kehilangan orang tersayang dalam hubungan asmara. Apakah kamu juga pernah atau sedang merasakannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak