facebook

3 Tips Sederhana agar Rumah Teduh dan Nyaman

Zulfa Aulia Nurfaiza
3 Tips Sederhana agar Rumah Teduh dan Nyaman
Ilustrasi rumah minimalis dan teduh.[Pexels]

Rumah merupakan tempat dimana di dalamnya kita bisa menghabiskan waktu untuk beristirahat, bersantai ria, menenangkan pikiran dari segala hiruk pikuk dunia luar yang membikin penat setelah beraktivitas seharian penuh. Sebisa mungkin kita membangun atau memilih rumah yang bisa melahirkan kesan hangat bagi semua orang tidak hanya penghuni rumah namun juga keluarga, saudara, sahabat sampai rekan yang mungkin akan berkunjung ke rumah kita. Tidak melulu soal rumah mewah bertingkat yang memiliki fasilitas lengkap, namun adakalanya rumah minimalis dan modern yang menjadi trend saat ini juga banyak diminati.

Berbicara tentang rumah, sebagian orang percaya bahwasanya wujud rumah merupakan gambaran dari sang pemilik rumah yang turut menjadi media yang mengekspresikan bagaimana watak, sifat dan karakter si tuan rumah. Oleh karena karakter manusia yang beraneka raga mini lah yang melahirkan pula berbagai bentuk desain bangunan rumah yang memiliki ciri khas masing-masing. Di lain sisi, perlu diingat kembali bahwa kebutuhan tiap manusia juga berbeda-beda, rumah yang luas dan besar mungkin memang sengaja dibangun karena yang tinggal di dalamnya adalah keluarga besar sehingga membutuhkan banyak ruangan untuk tempat mereka beraktivitas di dalam rumah tersebut. Demikian pula halnya dengan rumah simple minimalis yang memang dihuni oleh satu keluarga kecil juga tidak masalah, karena yang terpenting adalah kenyamanan rumah tersebut selama dihuni.

Memiliki rumah yang teduh, segar nan asri merupakan dambaan bagi sebagian besar orang. Tidak perlu sampai membangun rumah di lokasi dataran tinggi lho friends! Ada banyak sekali cara yang bisa diterapkan untuk memperoleh suasana nyaman dan juga udara yang menyejukkan di rumah. Tak hanya itu, penempatan beberapa ornament pelengkap juga bisa menambah keindahan serta kenyamanan hunian kita.

1. Sediakan area taman

Area taman ini tidak selalu membutuhkan tanah yang luas dan lapang lho friends. Dengan memilih salah satu pojok rumah untuk dijadikan taman saja itu sudah cukup. Sering kita temui beberapa rumah yang memilih menempatkan area taman dengan berbagai jenis tumbuhan, pohon-pohon kecil dan juga aneka bunga di area teras rumah. Ada juga yang menempatkan taman di pekarangan belakang rumah, atau era modern saat ini penempatan taman di balkon juga semakin banyak ditemui. Tentu saja ini soal selera, ya friends. Fungsi taman itu sendiri yakni untuk menjaga agar udara di sekitar rumah tetap sehat dengan adanya filter alami dari daun-daun tanaman yang tumbuh di sekitar rumah. Terlebih pada pagi hari, udara sejuk yang bisa menyegarkan pikiran kita akan menambah semangat untuk memulai berkegiatan.

2. Perbanyak ventilasi

Friends, apa jadinya kalau mita tinggal di dalam bangunan tanpa berventilasi ya? Bisa dibayangkan kita akan kesulitan bernafas, tidak ada sirkulasi udara yang sehat, sinar matahari juga tidak dapat menembus ruang-ruang di dalam yang akan berpengaruh pada kesehatan badan kita. Dengan member ventilasi juga bukan tanpa resiko lho friends, misalnya nyamuk akan dengan mudah masuk, debu dan serangga lainnya juga turut singgah. Tetapi selalu ada solusi atas masalah tersebut, misalnya dapat diatasi dengan memasang jarring-jaring halus pada ventilasi, rutin menyemprotkan pembasmi nyamuk dan serangga yang aman serta ramah lingkungan, sampai menyalakan aroma terapi yang mana saat ini juga dapat membantu mengusir nyamuk serta serangga-serangga nakal agar tidak berkembang biak di rumah kita.

3. Menambahkan unsur air

Pernah kah kalian berkunjung ke aalam bebas dan melihat serta merasakan sejuknya air terjun, air sungai jerni yang mengalir seperti suasana-suasana pedesaan? Tentu menenangkan sekali ya rasanya. Nah friends, agar tidak perlu jauh-jauh ke tempat wisata alam, akan sangat asyik jika kita memiliki spot kecil khusus untuk unsur air di rumah kita. Entah berbentuk kolam ikan, kolam renang atau sekedar air mancur rasanya sudah cukup turut melengkapi kediaman kita. Terlebih air merupakan lambing dari ketenangan, kejerihan pikiran yang membawa sugesti-sugesti positif ke dalam diri kita. Tidak perlu terlalu besar dan mewah, dengan membangun secara sederhana saja asal sesuai dengan selera kita maka itu sudah cukup untuk membantu menyegarkan pikiran kita ketika bersantai saja di rumah.

Bagaimana friends? Menarik bukan? Semoga bebrapa referensi di atas bisa mencerahkan sekaligus menjadi solusi bagi kalian yang ingin memiliki kediaman nyaman, ramah lingkungan dan menenangkan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak