facebook

Tips Sederhana Persiapan Liburan ke Pantai, Jangan Lupa Bawa Barang Ini

Zulfa Aulia Nurfaiza
Tips Sederhana Persiapan Liburan ke Pantai, Jangan Lupa Bawa Barang Ini
Ilustrasi pantai pasir putih. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Friends, ada yang suka main ke pantai? Atau dalam waktu dekat ini kalian berencana akan pergi ke pantai? Wah pasti seru sekali ya. Apalagi membayangkan menginjak pasir pantai yang lembut, suara deburan ombak yang menenangkan, kicauan burung yang terbang sampai aroma khas laut yang tidak bisa terlupakan. Terlebih menikmati keindahan pantai bersama orang-orang tersayang, pasangan, keluarga dan sahabat yang akan menjadi momen bahagia di dalam hidup. 

Ya, pantai merupakan sala satu destinasi wisata alam yang tinggi peminat. Baik tua muda dari segala kalangan rasanya akan sangat menikmati waktu liburannya ketika berkunjung ke pantai. Suguhan panorama yang memukau terlebih di saat menjelang sang fajar terbenam maupun terbit akan sangat memanjakan mata. 

Friends, memilih waktu yang tepat saat sebelum memutuskan untuk berlibur ke pantai itu penting lho. Waktu saat ombak pantai sedang tenang, tidak sedang dalam curah hujan yang tinggi merupakan hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, dari sisi perlengkapan yang harus kita bawa juga tidak kalah pentingnya, friends! Untuk antisipasi alias sedia payung sebelum hujan, beberapa barang ini ada baiknya tidak kita tinggalkan dan semestinya kita bawa ketika akan berlibu ke pantai.

1. Tabir surya

Benda pertama yang wajib masuk ke dalam kantong tas kita yakni tabir surya. Rasanya sudah menjadi rahasia umum ya jika sedang berada di pantai otomatis kulit kita akan terpapar sinar matahari secara lebih intens dan juga lebih terasa menyengat. Tak jarang bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif akan mengalami ruam kemerahan, gatal-gatal, mengelupas bahkan peradangan yang diakibatkan oleh iritasi. Hal tersebut lebih dikenal dengan kondisi kulit terbakar akibat tidak ada perlindungan yang dipersiapkan kulit sekalipun sedang memakai baju lengan panjang atau pakaian yang sudah tertutup. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka ada baiknya sebelum masuk area pantai kita sudah mengoleskan tabir surya berupa sun screen atau sun block yang akan meminimalisir kemungkinan kulit terbakar juga untuk menghalangi kulit agar tidak terpapar dengan sinar uv matahari secara berlebih.

2. Kaca mata hitam

Barang kedua yakni kaca mata hitam. Selain mempersiapkan perlindungan untuk kulit, perlindungan untuk mata juga sangat penting ya. Apalagi jika waktu ke pantai matahari sedang dalam suhu terik yang tak jarang menyilaukan mata. Selain agar tampak kece saat berswafoto, memakai kaca mata di pantai juga dapat melindungi mata dari benda-benda asing yang halus agar tidak terkena mata.

3. Topi

Selanjutnya jangan lupa untuk membawa topi entah iu topi pantai atau topi wisata lainnya yang juga akan melindungi bagian kepala dari panasnya matahari. Bagi sebagian orang yang mudah pusing saat berada di bawah sinar matahari maka topi ini wajib hukumnya tidak hanya untuk dibawa melainkan dipakai ketika berlibur ke pantai.

4. Handuk

Yang keempat jangan ragu untuk membawa handuk berukuran sedang ya friends! Terlebih bagi para mommy yang memiliki anak kecil, handuk bisa sangat membantu menghangatkan anak-anak ketika seusai bermain air di tepi pantai.

5. Obat tetes mata

Dan yang terakhir, obat tetes mata. Saat seang asyik-asyiknya bermain air, pasir, berenang ataupun diving, kadang mata bisa tiba-tiba bewarna merah lho. Agar tidak menimbulkan iritasi yang berkepanjangan maka obat tetes mata bisa menjadi pertolongan pertama saat mata mulai memerah dan merasa tidak nyaman. Mengingat mata juga merupakan indera yang sensitif sehingga jangan sembarangan mengucek mata ketika kemasukan benda-benda asing.

Itu lah tadi beberapa barang yang worth it untuk dibawa ketika berencana pergi ke pantai. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak