facebook

Mengenal 5 Jenis Yoga dan Manfaatnya, Latih Pernapasan dan Relaksasi

Lintang Larissya
Mengenal 5 Jenis Yoga dan Manfaatnya, Latih Pernapasan dan Relaksasi
Ilustrasi Yoga. (unsplash)

Yoga adalah salah satu jenis olahraga untuk menyehatkan tubuh. Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yuj berarti penyatuan, yang memiliki makna penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Pencipta, dapat juga berarti penyatuan antara tubuh dengan kesadaran dalam pikiran.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, yoga juga melatih pernapasan, relaksasi, serta meditasi digunakan untuk mengembangkan harmoni antara tubuh, pikiran, dan lingkungan sekitar. Praktiknya juga diperlukan tingkat fokus tinggi untuk mencapai postur yoga yang benar. Menyadur Live Science, berikut adalah 5 jenis yoga yang paling populer.

1. Hatha Yoga

Hatha Yoga adalah yoga yang paling mendasar. Tingkat kecepatannya juga rendah sehingga cocok digunakan untuk memadukan asana (pose), pranayama (pernapasan), dan meditasi.

Ini merupakan jenis yoga yang paling sering ditemui dan paling cocok untuk pemula.

2. Ashtanga Yoga

Jenis yoga satu ini memiliki gerakan lebih atletik dan challenging atau menantang. Ashtanga Yoga merupakan salah satu yoga yang memiliki jenis gerak dinamis dan sangat intens setiap seri, yang terdiri dari primary, intermediate, dan advanced.

Setiap gerakan seri memerlukan kekuatan, daya tahan, dan komitmen.

3. Bikram Yoga

Bikram Yoga atau Hot Yoga adalah latihan yoga yang berada di dalam ruangan yang sengaja dipanaskan (heated room). Biasanya pengaturan suhunya sekitar 40 celcius dan berisi 26 postur set series.

Berlatih menggunakan jenis yoga ini akan membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

4. Iyengar Yoga

Iyengar Yoga dapat digunakan sebagai terapi untuk mengatasi kondisi tubuh tertentu. Gerakan yoga ini melibatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan tubuh untuk melakukan postur yang tepat.

Biasanya iyengar yoga juga menggunakan peralatan tambahan seperti blok, strap, atau wall rope.

5. Kundalini Yoga

Selanjutnya adalah Kundalini Yoga yang mengombinasikan unsur fisik dan spiritual, serta menggabungkan postur tubuh dengan teknik pernapasan.

Biasanya jenis yoga ini digunakan untuk meditasi, dengan mengeksplor energi, intuisi, dan pikiran.

Masih banyak lagi jenis yoga yang lain. Karena bentuk tubuh manusia itu berbeda-beda, alangkah baiknya jika mengenali tubuh anda terlebih dahulu, juga disesuaikan dengan kebutuhan kemudian baru menetapkan jenis yoga yang akan dipelajari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak