facebook

Lakukan 4 Cara Ini jika Ingin Meraih Kebebasan Finansial

MUHAMMAD FAUZI
Lakukan 4 Cara Ini jika Ingin Meraih Kebebasan Finansial
Ilustrasi investasi properti. (Shutterstock)

Kamu pastinya ingin sekali merasakan kondisi yang serba kecukupan tanpa harus takut untuk kekurangan uang dan tak perlu lagi bekerja keras. Hal inilah yang dinamakan kebebasan finansial atau financial freedom.

Kebebasan finansial merupakan kondisi dimana seseorang memiliki simpanan yang berlebih. Serta memiliki investasi yang banyak untuk mencukupi kebutuhan hidup dan keluarganya. Sehingga tak perlu bekerja lagi, karena tabungan investasi yang dimiliki sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Oleh karena itulah, saya akan merangkum cara mencapai kebebasan finansial yang dapat kamu lakukan dari sekarang.

1. Menentukan Tujuan Keuangan

Untuk memulai kebebasan finansial, kamu diharuskan menentukan tujuan keuangan terlebih dahulu. Dengan menentukan tujuan keuangan, maka akan lebih mudah dalam mempersiapkan strategi yang dicapai.

Misalnya saja, kamu berencana untuk membeli rumah pribadi sebelum umur 30 tahun. Maka, kamu perlu menabung dan bekerja keras untuk merealisasikan tujuan kamu.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa membuat tujuan dan strategi yang dapat dikerjakan dengan mudah.

2. Mulailah Berinvestasi

Investasi merupakan hal terpenting yang perlu kamu lakukan untuk menuju kebebasan finansial. Dengan menanamkan modal pada berbagai aset dan instrumen keuangan dalam waktu tertentu. Maka kamu bisa mendapatkan keuntungan dan juga pendapatan pasif.

Saat ini, ada berbagai pilihan investasi yang memberikan imbal hasil yang cukup besar. Mulai dari 20 persen hingga 100 persen, contohnya seperti saham, crypto, forex, dan lainnya.

Jadi, daripada menghambur-hamburkan uang yang kamu peroleh, alangkah baiknya jika uang tersebut kamu investasikan.

3. Kurangi Utang

Sebelum berinvestasi pada poin dua, sebaiknya kamu melunasi semua tunggakan cicilan. Baik itu yang berupa   pinjaman online atau kartu kredit yang belum lunas.

Tidak ada salahnya berhutang asalkan kamu bisa melunasinya, namun lebih baik hindari berhutang. Apalagi jika berhutang untuk membeli barang-barang yang tidak penting dan tidak dibutuhkan.

4. Sediakan Dana Darurat

Dana darurat adalah sejumlah uang yang disiapkan apabila terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi. Dana darurat ini harus terpisah dengan rekening tabungan atau rekening investasi.

Jadi, sebaiknya membuka rekening bank baru dan mulai menabung untuk hal ini. Tujuan dari tabungan ini untuk membantumu agar tidak berhutang ketika tertimpa musibah yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian.

Demikianlah cara agar sukses mencapai kebebasan finansial yang dapat dilakukan pada tahun 2022. Jangan habiskan kehidupan dengan terlilit hutang, karena kemerdekaan finansial bukan sesuatu yang mustahil diraih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak