facebook

Awali Pagi dengan Melakukan 5 Rutinitas Ini

Rizki Oktavian
Awali Pagi dengan Melakukan 5 Rutinitas Ini
Ilustrasi Bangun Pagi. (Pixabay/Free-Photos)

Kehidupan adalah sebuah pilihan, dimana ketika kamu memilih untuk melakukan sebuah kebiasaan baik akan membawa kamu kepada tujuan yang kamu inginkan. Namun, tidak ada jalan pintas untuk mencapai suatu tujuan tersebut, perlu proses yang panjang dan sebuah sikap konsistensi atau pengulangan untuk mendapatkan tujuan yang yang kamu inginkan.

Salah satu kunci untuk membangun dan memulai sebuah kebiasaan adalah memulai nya dari  kebiasaan-kebiasaan kecil, kebiasan kecil tersebut dapat kamu bangun di mulai pada pagi hari, dimana dengan membentuk kebiasaan yang baik pada pagi hari, menjamin kamu untuk dapat menjalani kegiatan sepanjang hari dengan energi yang cukup dan juga membuat kamu lebih terorganisir.

Selain mengumpulkan energi, rutinitas pagi yang baik juga dapat mengatasi kesehatan mental seperti kecemasan berlebih terhadap suatu hal bahkan juga depresi.

Untuk membangun rutinitas pagi yang baik tersebut kamu harus mengenal diri kamu sendiri terlebih dahulu, karena rutinitas pagi ideal setiap orang tersebut bisa berbeda-beda. 

Empat rutinitas pagi dibawah ini hanya menggambarkan kebiasaan yang baik secara umum, kamu dapat mengubah dan menambahkan rutinitas pagi yang mungkin bagi kamu lebih bermanfaat, mulai lah bereksperimen dengan kebiasaan kebiasaan tersebut. Namun, jangan melupakan bahwa kunci dari terbentuk nya kebiasaan tersebut adalah sebuah konsistensi

Berikut adalah 5 rutinitas pagi yang dapat menjadi acuan bagi kamu:

1. Membersihkan tempat tidurmu

Kebiasaan membersihkan tempat tidur ini sangat bermanfaat bagi kamu untuk mengawali hari, karena dengan membersihkan tempat tidur, kamu akan merasa lebih baik dan sekaligus membuat kamu lebih nyaman untuk tidur di malam harinya.

2. Meditasi

Meditasi merupakan sebuah kegiatan yang jika dilakukan di pagi hari kamu akan mendapatkan ketenangan ketika kamu berhasil memusatkan konsentrasi dan niat bermeditasi sepenuh hati.

Selain menimbulkan ketenangan, meditasi juga dapat mengurangi stres, depresi, kecemasan berlebih dan meditasi juga dapat meningkatkan konsentrasi kamu di pagi hari.

3. Olahraga ringan

Olahraga ringan di pagi hari membuat anda lebih fokus untuk berolahraga karena sedikitnya gangguan dari lingkungan luar, dan ini membuat anda menjadi lebih tenang.

Selain itu, ketika berolahraga ringan di pagi hari banyak manfaat yang akan kamu dapat kan, diantaranya olahraga ringan di pagi hari dapat meningkatkan fokus yang kamu miliki, dan olahraga di pagi hari juga akan membuat hormon kortisol kamu menjadi seimbang, yaitu hormon yang membuat kamu menjadi lebih terjaga dan waspada sepanjang hari.

4. Minum air putih

Minum air putih di pagi hari memiliki segudang manfaat bagi diri kamu, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berbagai manfaat yang dapat kamu temukan dari meminum air pada pagi hari saat baru bangun tidur yaitu, kulit menjadi lebih berkilau, peremajaan otot dan sel-sel darah kamu, serta memperlancar buang air besar.

5. Menulis apa yang harus dilakukan

Sebagai seorang yang ingin mengurangi terjadinya kekacauan jadwal sepanjang hari, maka kegiatan menulis apa yang harus dilakukan ini sangat berguna, agar membantu kamu lebih terorganisir dan tidak terkesan kacau.

Jadi, mulai lah membangun rutinitas pagi yang bermanfaat bagi diri kamu, dan semoga menginspirasi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak