facebook

5 Cara Untuk Mengembangkan Pemikiran Kreatif yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Oktavian
5 Cara Untuk Mengembangkan Pemikiran Kreatif yang Wajib Kamu Ketahui
Ilustrasi orang yang kreatif. (unsplash.com)

Seringkali kita berpikir bahwa pemikiran kreatif adalah sebuah anugerah dari tuhan dan dimiliki oleh orang orang tertentu saja dan bagai kekuatan yang diberikan tuhan kepada orang kreatif.  Padahal sebenarnya cara berpikir kreatif ini dapat dimiliki dan dilatih oleh setiap orang agar dapat memunculkan sebuah ide ide inovatif yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Pada intinya, berpikir kreatif ini adalah sebuah cara untuk mendapatkan ide atau wawasan baru yang berbeda dari banyaknya informasi yang telah ada.

Pada umumnya, untuk memunculkan sebuah pemikiran kreatif dibutuhkan sebuah sudut pandang yang berbeda untuk melihat pola baru dari sebuah informasi yang sama. Berpikir kreatif ini sangat bermanfaat bagi kamu untuk dapat menyelesaikan solusi dari masalah yang sedang kamu hadapi, dan membantu kamu lebih cepat untuk mengetahui solusi inovatif yang lebih cepat. Selain itu, dunia modern menuntut agar kita semua berpikir dari sudut pandang yang berbeda, agar kita berpikir tidak dengan rasa takut ataupun keuntungan,dengan optimisme buta ataupun skeptisme suram.

Memperkuat keterampilan untuk berpikir kreatif ini juga akan menjadikan mu berbeda dari kebanyakan orang lain karena dapat menjadi pemecah masalah yang lebih baik. Berikut adalah 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat melatih cara kamu berpikir kreatif 

1. Membaca sebuah hal baru 

Kita semua suka membaca yang terkait dengan kepentingan kita, namun biasanya membaca hal hal yang wajib dan sudah biasa kamu baca tidak akan meningkatkan cara kamu untuk berpikir kreatif.

Cobalah untuk membaca suatu hal yang benar-benar baru dalam hidup kamu, mulai dari membaca buku dengan genre lain, atau sekedar membaca sebuah blog yang menyajikan tulisan tulisan bermanfaat.

2. Menulis 

Ide kreatif tidak terlahir begitu saja, perlu proses untuk melatihnya, dengan menulis kamu dapat melatih cara berpikir kamu untuk memikirkan apa saja yang menarik perhatian mu. Mulai dari menentukan topik, kalimat pertama,dan biarkan otak mu memimpin apa yang akan kamu tulis selanjutnya.

Cobalah menulis secara rutin setiap harinya, agar sudut-sudut pandang yang kamu hasilkan tidak terpaku pada sudut pandang pertama saja. Kamu akan merasakan lonjakan kreatifitas tersebut muncul dari kepalamu begitu saja.

3. Berbicara kepada orang yang tidak dikenal

Pada zaman digital ini kita tidak perlu bertemu secara langsung secara empat mata dengan seseorang, sehingga ini membantu kita untuk menghindari pertemuan dengan orang-orang yang berniat buruk kepada kita, kamu dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang beredar untuk berkomunikasi dengan orang yang sama sekali tidak kamu kenal.

Berbicara kepada orang yang tidak kamu kenal akan membuat kamu mendapat kan sebuah pengalaman baru atau bahkan sebuah pengetahuan baru yang belum kamu ketahui, dan juga sebuah sudut pandang baru.

4. Bertukar pendapat dan berdiskusi

Berdiskusi mengenai sebuah topik baru juga akan melatih kamu untuk berpikir kreatif, dengan adanya diskusi dan saling bertukar pendapat ini kamu akan mendapatkan banyak ide yang bisa kamu terapkan.

Terakhir, kamu perlu melakukan hal yang merangsang kamu untuk berpikir kreatif, cobalah untuk mencari sebuah masalah dan pikirkan cara kreatif untuk menemukan solusinya. Karena orang paling kreatif pun membutuhkan banyak latihan dan bantuan untuk mendapatkan sebuah inspirasi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak