facebook

Healing Jadi Mudah, 5 Alasan Mahasiswa Harus Memilih Kuliah di Malang

Melynda Dwi Puspita
Healing Jadi Mudah, 5 Alasan Mahasiswa Harus Memilih Kuliah di Malang
Tugu Malang (commons.wikimedia)

Saat duduk di bangku sekolah tingkat akhir (SMA/SMK), biasanya pelajar disibukkan dengan pilihan jurusan untuk menuntut ilmu di masa depan. Ada yang bimbang menentukan jurusan favorit ataupun mengira-ngira terkait poin penilaian rapot. Padahal, selain itu, ada hal penting lain yang harus dipikirkan secara mendalam, yakni letak kampus.

Lokasi kampus sangat berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar seorang mahasiswa. Tidak mau kan, ketika berada di kampus, harus dibayangi ancaman bencana alam atau kriminalitas? Nah, Kota Malang menjadi salah satu kota pendidikan dengan puluhan perguruan tinggi yang bisa diandalkan. Berikut 5 alasan mengapa kamu harus menempatkan Malang sebagai tujuan utama pendidikan. Cek alasan mengapa harus kuliah di Malang berikut ini ya!

1. Udara Sejuk Menyegarkan

Keberadaannya yang terletak di dataran tinggi, membuat Malang dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Alhasil hawa sejuk sangat identik dengan kota ini. Walaupun di siang hari, cuaca panas dan sinar matahari tetap terasa terik. Di malam hari, kamu harus menyiapkan diri dengan angin yang begitu dingin.

2. Wisata Alam Bertebaran

Mulai dari pegunungan, air terjun, danau, hingga pantai, semua ada di Malang. Tak mengherankan apabila Malang mendapat julukan sebagai jantungnya Jawa Timur (Heart of East Java). Di akhir pekan, kamu tidak perlu stres ingin merefresh pikiran ke mana. Justru kamu akan dibuat kebingungan untuk menentukan lokasi wisata yang tersebar di area Malang Raya (kota, kabupaten, dan Kota Batu).

3. Kuliner Enak dan Murah

Siapa yang tidak tahu Bakso Malang? Seperti halnya kawasan pendidikan yang banyak dihuni pendatang dari luar kota. Malang juga menyajikan masakan lezat yang ramah di kantong mahasiswa. Makanan ringan seperti menjes, mendol, dan orem-orem wajib banget kamu coba. Olahan buah-buahan yang dijadikan keripik hingga minuman di Malang juga memberikan sensasi unik tersendiri.

4. Solidaritas Penduduk Sangat Erat

Masyarakat Malang dikenal sangat menjunjung tinggi persaudaraan. Mereka disatukan oleh ikatan yang disebut Arema (Arek Malang). Walaupun nama tersebut sangat identik dengan supporter sepak bola kebanggaan warga Malang, sesungguhnya Arema juga menunjukkan rasa kepedulian tinggi antarwarganya. 

5. Kaya Akan Budaya dan Kesenian 

Meskipun dikenal sebagai salah satu kota dengan hiruk pikuk khas perkotaan, kebudayaan khas Arek di Malang masih sangatlah kental. Bahasa walikan sudah menjadi keseharian warga Malang. Tarian seperti Tari Topeng Malangan, Tari Beskalan, Tari Bedayan Malang, dan Tari Grebeg Wiratama adalah beberapa kesenian tradisional yang umum ditemui pada acara seremonial di Malang. Bahkan apabila kamu tertarik mendalami kebudayaan tersebut, warga setempat dalam naungan Sanggar Seni di daerah Pakisaji siap mengajari.

Itulah alasan-alasan mengapa Malang pantas dijadikan rujukan utama sebagai kota perantauan, terkhusus bagi pelajar yang ingin melanjutkan kuliah. Tertarik kuliah di Malang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak