facebook

5 Cara Mengatasi Love Hate Relationship dalam Hubungan Asmara yang Bisa Kamu Terapkan

Andi Nitha Nahfiah
5 Cara Mengatasi Love Hate Relationship dalam Hubungan Asmara yang Bisa Kamu Terapkan
Ilustrasi love-hate relationship. (pexels.com/id-id/rodnae-prod)

Dalam sebuah hubungan asmara tidak selamanya romantis. Mungkin karena ada kesalahpahaman rasa benci atau marah timbul pada pasangan. Namun, di balik rasa benci tersebut masih ada cinta. Hal ini wajar jika perasaan benci hanya sekali-kali saja.

Nah, jika perasaan benci kerap kamu rasakan, bisa jadi kamu terjebak dalam love hate relationship. Dilansir Verywellmind, love hate relationship adalah istilah untuk suatu perasaan di mana kombinasi antara rasa cinta dan benci terjadi secara ekstrim dan sering. Sehingga dapat mengakibatkan hubungan menjadi tidak stabil. Love-hate relationship disebut juga benci tapi cinta.

Jika love hate relationship ini berlangsung lama akan berdampak buruk bagi kesehatan mentalmu dan pasangan sehingga harus diatasi, berikut ini lima caranya.

1. Kenali perasaanmu

ilustrasi mengenali perasaan(pexels.com/id-id/polina-zimmerman)
ilustrasi mengenali perasaan (pexels.com/polina-zimmerman)

Seorang yang mengalami love hate relationship rata-rata tidak mengetahui apa saja membuatnya benci dengan pasangan. Jika hal ini terjadi padamu, maka kamu harus mengenali apa saja yang dilakukan pasanganmu dan membuat benci, serta perhatikan waktunya.

Dengan mengenali keadaan dan waktunya, kamu dapat mengelola dan mengatasi rasa bencimu itu. Kemudian cari solusinya bersama dengan pasanganmu, ya.

2. Identifikasi masalah dan beri batasan

Ilustrasi identifikasi masalah (pexels.com/id-id/rodnae-prod)
Ilustrasi identifikasi masalah (pexels.com/rodnae-prod)

Walau dalam situasi love hate relationship, kamu perlu menetapkan batasan-batasan dalam hubungan. Perilaku apa saja dari pasanganmu yang tidak dapat kamu toleransi dan menimbulkan rasa benci.

Setelah menemukan batasan toleransi yang dapat terima dan tidak, lakukan komunikasi dengan pasangan agar ada solusi dan jalan tengah. Sehingga situasi love hate relationship yang kamu alami tidak berlarut-larut.

3. Ubah cara dalam menghadapi masalah

ilustrasi menyelesaikan masalah(pexels.com/id-id/keira-burton)
ilustrasi menyelesaikan masalah(pexels.com/keira-burton)

Dalam situasi love hate relationship jangan membuatmu buru-buru menyudahi hubungan. Karena sebenarnya kamu masih cintakan. Coba deh, untuk mengubah pola dan caramu dalam menjalani hubungan, termasuk dalam menghadapi konflik dengan pasangan.

Mulailah untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Hindari hal-hal yang memicu perasaan benci saat kamu sedang marah. Selesaikan masalah dengan kepala dingin sehingga kamu dan pasangan dapat menemukan solusi yang bijaksana.

4. Ingat akan kebaikan pasangan

ilustrasi mendapat kejutan dari pasangan(pexels.com/id-id/any-lane)
ilustrasi mendapat kejutan dari pasangan(pexels.com/any-lane)

Nah, keadaan love hate relationship ini masih bisa diperbaiki, lho. Selama hal yang membuat kamu benci pada pasangan tidak termasuk ke dalam tanda hubungan toxic. Caranya, coba kamu ingat-ingat momen manis bersama pasanganmu minimal tiga hal.

Dengan mengingat momen tersebut kamu akan terbiasa fokus pada kebaikan pasanganmu daripada yang membuatmu bencimu. Atau jika rasa bencimu memuncak, coba untuk tarik napas dalam-dalam terlebih dahulu.

5. Konsultasi pada orang dekat yang bisa dipercaya

ilustrasi konsultasi dengan teman dekat(pexels.com/id-id/thirdman)
ilustrasi konsultasi dengan teman dekat (pexels.com/thirdman)

Selain beberapa cara di atas, dapat juga kamu bercerita pada orang dekat yang dipercaya. Minta saran dan pendapat pada mereka akan dilema yang dihadapi. Dengan curhat dengan orang lain kamu dapat melihat hubunganmu dari sudut pandang berbeda.

Nah, itulah lima cara mengatasi love hate relationship dalam hubungan asmara yang bisa kamu terapkan. Apakah kamu juga mengalami love hate relationship? Meskipun tidak mudah untuk mengatasi hal tersebut, kamu dan pasangan harus  berusaha mengatasinya. Komunikasi menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak