facebook

5 Faktor Penghambat Menemukan Pasangan Hidup, Sadar Tidak?

Mohamad Ismail
5 Faktor Penghambat Menemukan Pasangan Hidup, Sadar Tidak?
Ilustrasi kesepian. (Pexels)

Kehidupan, kematian, jodoh, hingga rezeki setiap manusia memang sudah ditakdirkan. Ada juga yang mengatakan bahwa jodoh adalah misteri kehidupan. Artinya, kita tidak tahu akan menikah dan berjodoh dengan siapa nantinya. 

Perjalanan mencari jodoh bisa dibilang sebagai alur kehidupan yang unik. Ada yang sangat jauh tetapi berjodoh, sementara ada juga yang ternyata ditakdirkan berumah tangga dengan tetangga sendiri. Setiap manusia telah ditakdirkan untuk hal tersebut. Namun, banyak juga yang justru merasakan kesulitan perihal jodoh.

Jika demikian, mungkin saja ada beberapa hal dalam dirimu yang ternyata bisa menghambat datangnya jodoh kamu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Belum sepenuhnya move on

Masih terjebak dalam kenangan masa lalu bisa menjadi salah satu penghambat kamu dalam menemukan jodoh. Bayangnya yang masih sering membuatmu berharap untuk kembali bersama seseorang di masa lalu, hanya akan menjadikan kamu susah mendapatkan jodoh.

Sebelum tenggelam lebih dalam dan semakin melukai hati, cobalah untuk menatap kembali apa yang akan kamu lakukan di masa mendatang. Kubur kenangannya, biarkanlah yang ada di masa lalu, tetaplah di masa lalu dan siapkan diri untuk mendapatkan yang lebih baik.

2. Terlalu banyak bermain-main

Jodoh adalah hal yang sangat serius. Mungkin banyak yang berpendapat bahwa kita memang harus pandai dalam menyeleksi hingga dapat yang benar-benar terbaik untuk kita. Namun, terlalu banyak bergonta-ganti pasangan justru akan berdampak negatif dalam memilih pasangan hidup.

Sering berganti pasangan juga akan membuat kamu terlihat tidak serius dalam hal jodoh. Oleh karena itu, jika memang sudah mantap dan siap, maka kamu bisa persiapkan diri melangkah ke jenjang lebih serius.

3. Mematok kriteria yang terlalu tinggi

Melihat kisah cinta dalam sebuah film rasanya memang terlihat begitu indah. Mendapatkan pasangan rupawan dan jutawan kerap menjadi idaman semua orang. Namun ingat, mematok terlalu tinggi kriteria jodoh justru bisa menjadi bumerang terhadap diri kamu sendiri. Bersikaplah realistis, jika sudah nyaman dan saling mengerti maka mantapkan hati. Jangan sampai kamu melewatkan yang terbaik, hanya karena terlalu banyak kriteria yang belum bisa dipenuhinya.

4. Terlalu lama menunggu tanpa kejelasan

Terus berharap tanpa kejelasan bisa menjadi hal yang dapat menghambat kamu dalam menemukan pasangan hidup. Hal ini banyak sekali terjadi. Pasalnya, seringkali salah satu pihak merasa belum siap untuk melangsungkan ke jenjang yang lebih serius. Memang tidak masalah untuk saling mengerti akan keadaan, tetapi jangan sampai kamu terlalu larut dalam janji-janji manis hingga melewatkan apa yang sudah seharusnya kamu dapatkan.

5. Kurang berusaha

Usaha adalah salah satu kunci penting dalam perihal jodoh. Pepatah mengatakan, jodoh adalah rezeki. Oleh karena itu, jodoh juga harus diusahakan sebagaimana kita dalam mencari rezeki. Ada banyak usaha yang bisa kita lakukan dalam mendapatkan jodoh yang tepat, tak lupa juga untuk senantiasa berdoa dan meminta yang terbaik kepada Tuhan. Kelak semoga usaha yang kita kerahkan sebanding dengan hasil yang Tuhan berikan.

Itulah tadi beberapa hal yang kerap kali menjadi penghambat dalam menemukan pasangan hidup yang tepat. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari hal-hal tersebut dan mendapatkan jodoh yang terbaik dalam hidup.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak