facebook

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman Introvert, Jangan Memaksa!

Habil Samsuri
5 Hal yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman Introvert, Jangan Memaksa!
Ilustrasi seorang introvert. (Freepik)

Tidak mudah menjalani hidup sebagai seorang introvert. Sering kali mereka kesulitan berinteraksi pada saat bersosialisasi. Hal itu karena seorang introvert merasa tidak nyaman berada di sekitar orang lain, terlebih ketika di lingkungan yang asing baginya.

Namun, sebenarnya introvert tidak selalu mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain. Hanya saja, mereka cenderung lebih nyaman melakukan kegiatannya serba sendiri. Ada kalanya introvert bersosialisasi, walau hanya dengan orang terdekat yang bisa dipercayai, seperti teman dekat. Tidak jarang juga teman-temannya membuatnya tidak nyaman berada di sekitarnya.

Sebenarnya apa penyebab seorang introvert merasa tidak nyaman? Jika kamu memiliki teman dengan kepribadian introvert, berikut 5 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan untuk temanmu yang introvert.

1. Jangan Memaksanya untuk Bercerita

Sesuatu yang dipaksa pasti berakhir tidak baik. Begitupun dengan yang memaksa introvert untuk berbicara atau bercerita padamu. Jika kamu teman baiknya, kamu pasti bisa mengerti hal ini dengan baik. Berilah waktu untuknya memikirkan sekaligus mempertimbangkan apakah dia ingin berbicara denganmu atau tidak.

2. Jangan Menyudutkannya saat Bercerita

Jika introvert sudah mengungkapkan isi pikiran dan hatinya padamu, tolong jangan menyudutkannya atau menyepelekan ceritanya. Untuk menjadi teman yang baik, salah satunya menjadi pendengar yang baik untuknya. Kamu hanya perlu mendengarkan semua ceritanya tanpa mengomentarinya. Kamu juga bisa memberi saran atau masukan untuknya, asalkan masuk akal dan bisa diterimanya, ya.

3. Jangan Mengajak Pergi secara Mendadak

Selanjutnya, jangan secara tiba-tiba mengajaknya pergi keluar. Walau hanya untuk sekadar hangout, tetap saja salah jika dilakukan. Seorang introvert cenderung memiliki rencana untuk aktivitasnya, dia mungkin akan cemas atau takut jika kamu mendadak mengajaknya pergi. Solusinya, kamu dapat menguhunginya minimal sehari sebelum pergi. Itu akan membuat introvert bisa mempersiapkan atau mempertimbangkan ajakanmu.

4. Jangan Undang Orang Lain saat Bersamanya

Mengundang orang lain saat bersama introvert kerap kali terjadi. Banyak dari mereka tidak menyadarinya bahwa hal ini dapat membuat introvert merasa tidak nyaman. Ingatlah bahwa seorang introvert hanya bisa berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya saja. Jika kamu ingin mengajak orang lain untuk bergabung, cobalah untuk sekadar meminta persetujuannya. Itu akan menjadi lebih baik dibandingkan kamu tidak memberitahunya terlebih dahulu.

5. Jangan Membiarkannya Terlalu Lama Asik Sendiri

Terakhir, perlu diingatkan bahwa orang-orang dengan kepribadian introvert lebih memilih menghabiskan waktu sendiri dibandingkan dengan orang lain. Ini juga berlaku jika kamu sudah lama tidak bertemunya, tentu dia akan baik-baik saja bahkan bisa saja melupakanmu. Sebagai teman, cobalah untuk menyempatkan waktunya untuk berinteraksi secara langsung mauapun lewat pesan. Ini termasuk tindakan yang dapat membantu keluar dari zona nyamannya.

Nah, itulah kelima hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan untuk si introvert. Selain lima hal di atas, komunikasi menjadi kunci dalam suatu hubungan, temasuk pertemanan. Tetaplah terhubung dengan temanmu dan menjalin kisah indah di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak