facebook

Jangan Asal Pesan Makanan Online, Perhatikan 5 Tips Berikut ini

Diat Anugrah
Jangan Asal Pesan Makanan Online, Perhatikan 5 Tips Berikut ini
Ilustrasi pesan makanan online.(pexels.com)

Kemajuan teknologi mempermudah segala urusan manusia, tidak terkecuali dalam hal jual-beli. Dulu ketika kita ingin membeli atau memesan sesuatu, maka kita harus datang atau mengunjungi penjual produk tersebut dan membelinya secara langsung. Jual-beli seperti itu saat ini dikenal dengan jual beli offline.

Saat ini, semua sudah serba terhubung dalam jaringan atau online, termasuk dalam hal memesan makanan dan minuman. Kita tidak lagi harus datang ke rumah makan atau kedai untuk menikmati hidangan yang mereka sajikan. Kita tinggal duduk manis di rumah atau di kantor, dan memesannya lewat ponsel pintar kita maka makanan atau minuman yang kita inginkan akan diantar ke tempat kita. Mudah sekali, bukan?

Namun, kemudahan tersebut bukan tanpa masalah. Karena hanya melihat melalui gambar, kita dapat terkecoh dengan makanan atau minuman yang kita pesan, atau makanan dan minuman yang kita pesan sudah rusak atau hancur berantakan saat sampai di tangan kita.

Oleh sebab itu, selalu perhatikan 5 tips ini saat memesan makanan atau minuman lewat online.

1. Pilih Outlet yang Sudah Kita Kenal

Pernah ramai di media sosial outlet yang menjual makanan dan minuman secara online di aplikasi tertentu namun ternyata rumah makan atau kedai makan tersebut kondisinya sangat tidak layak, seperti kebersihan tempat hingga porsi dan rasa makanan yang tidak sesuai. Hal ini tidak dipedulikan oleh pemilik kedai karena mereka hanya menjual makanan secara online dimana banyak pembeli yang tidak mengetahui kondisi kedainya.

Oleh sebab itu jika kita hendak memesan makanan secara online, usahakan memesan di kedai yang sudah kita kenal. Misalnya kedai franchise yang sudah terkenal, atau tempat makan yang sudah pernah kita kunjungi langsung. Hal ini penting untuk mengetahui kualitas hidangan yang mereka akan berikan pada kita.

2. Perhatikan Rating dan Ulasan

Jika tidak ada kedai atau outlet yang sudah kita kenal, jangan lupa perhatikan rating dan ulasan dari pelanggan sebelumnya. Hal ini untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang outlet sudah outlet berikan pada pelanggan sebelumnya, karena besar kemungkinan pelayanan tersebut juga akan diberikan kepada kita.

Jika ulasan yang diberikan buruk, bisa jadi pelayanan yang akan kita terima juga kurang baik. Bahkan mungkin kualitas makanan dan minuman yang disajikan kurang memuaskan.

3. Perhatikan Jarak

Saat memesan online lewat aplikasi, terdapat lokasi outlet yang akan kita pesan. Perhatikan lokasi tersebut dan bandingkan dengan lokasi kita berada. Jika belum mengerti lokasi tersebut, kita bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Usahakan jangan memilih outlet yang terlalu jauh. Semakin jauh jarak outlet dengan lokasi kita, maka semakin lama kita menunggu pesanan kita sampai. Tentu kita tidak ingin menunggu terlalu lama, bukan?

Selain itu, memesan makanan di outlet yang terlalu jauh dapat membuat makanan yang seharusnya hangat malah sudah dingin saat hendak kita santap. Atau jika memesan minuman es, sudah tidak sedingin yang kita harapkan karena sudah terkena panas terik di perjalanan.

4. Pisahkan Kuah Makanan

Jika memesan makanan berkuah secara online, jangan lupa titip pesan pada driver atau outlet untuk memisahkan kuahnya. Sebenarnya sebagian besar outlet sudah langsung memisahkan kuah jika ada yang memesan delivery order, namun lebih aman jika kita mengingatkan kembali. Memisahkan kuah penting agar makanan yang kita pesan tidak berantakan dan tetap segar.

5. Pesan Sesuai Kebutuhan

Saat hendak memesan makanan atau minuman secara online, kita akan disajikan gambar-gambar yang menggoda. Hal ini dapat memancing kita untuk membeli makanan atau minuman yang sebelumnya tidak ingin kita pesan. Namun, jangan terlalu serakah dengan memesan terlalu banyak. Pesan sesuai kebutuhan dan kemampuan kita untuk menghabiskannya. Jangan sampai makanan dan minuman yang kita pesan justru terbuang karena perut kita sudah tidak kuat menampung. Kan jadi mubazir.

Demikianlah 5 tips yang dapat kita lakukan saat hendak memesan makanan atau minuman secara online. Mau pesan apa hari ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak