facebook

5 Cara Mudah Atasi Writers Block yang Sangat Mengganggu

Nanik Writer
5 Cara Mudah Atasi Writers Block yang Sangat Mengganggu
Ilustrasi writer block.[Pixabay]

Menjadi seorang penulis tentu tak asing lagi dengan istilah kemandegan dalam menulis. Fenomena ini biasa dikenal dengan sebutan writers block

Writers block adalah hal yang sering dialami oleh para penulis yang mana ia akan kesulitan untuk menulis. Entah karena kehabisan ide atau enggan untuk menulis lagi.

Berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi writers block.

1. Baca buku

Sulit menuangkan ide saat menulis bisa jadi karena kamu kurang memiliki referensi. Akibatnya kamu jadi kehabisan ide untuk menulis sekalipun tulisan yang sederhana. Oleh karena itu, selalu sempatkan untuk membaca buku minimal satu buku per hari. dengan begitu kamu pun tak akan kesulitan untuk memperoleh ide.

2. Refreshing

Bisa jadi karena aktivitas menulismu yang begitu padat akan membuat kamu kelelahan. Kelelahan ini bisa terjadi baik secara fisik maupun psikis. Akhirnya kamu berada dalam tuntutan dan tekanan yang memicu stres.

Kamu perlu merelakskan pikiranmu sejenak dengan pergi liburan agar otakmu kembali segar. Ide pun akan dengan mudah kamu dapatkan.

3. Latih kepekaan

Menjadi seorang penulis berarti kamu harus memiliki kepekaan yang tinggi. Hal ini sangat penting agar kamu bisa dengan mudah menangkap setiap fenomena yang ada sekalipun hal-hal kecil dan sederhana. Kamu harus bisa mengambil setiap makna dibalik sudut kecil yang berbeda. Dengan begitu kamu akan selalu memiliki ide cemerlang saat menulis dan tidak akan menemui kebuntuan.

4. Istirahat

Hal yang sering disepelekan adalah istirahat. Kamu harus menyempatkan waktu untuk beristirahat secara cukup agar otakmu selalu dapat berpikir dengan cepat.

5. Berdiskusi

Carilah teman untuk berdiskusi, sekadar untuk membicarakan hal-hal sederhana sampai pada pembicaraan topik-topik tertentu. Dengan bertukar pikiran kamu akan mendapatkan perspektif dan cara pandang baru dan unik dari setiap topik yang kamu bahas. Dari situ kamu juga bisa mengembangkan ide dan gagasan mengenai topik yang kalian angkat. Dengan begitu akan bermunculan banyak ide di kepalamu dan kamu akan siap menulis kembali.

Lima hal di atas dapat kamu praktikkan untuk mengatasi writers block. Jangan sungkan untuk mencobanya ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak