facebook

Patut Dicoba, 4 Tips Makan Sehat Selama Traveling

Icha Faizu
Patut Dicoba, 4 Tips Makan Sehat Selama Traveling
Ilustrasi orang yang sedang traveling (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Traveling atau bepergian biasanya dikonotasikan dengan sesuatu yang menyenangkan, karena traveling membuat mood kita menjadi lebih baik dengan perubahan suasana yang berbeda. Namun, sekembali dari traveling biasanya menimbulkan banyak rasa bersalah, perubahan pola makan, fluktuasi berat badan, dan banyak lagi.

Semua itu membuat kita menyesali kebiasaan makan kita sekaligus membuat kita merasa bersalah atas pilihan kita. Itu mungkin membuat kita berpikir dua kali sebelum membuat rencana lain dan bepergian ke tempat atau lokasi favorit kita.

Nah, jika selama itu menjadi perhatian dan alasan di balik pembatalan rencana traveling kita, berikut 4 tips makan sehat saat traveling.

1. Bawalah buah-buahan kering

Ilustrasi buah kering. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi buah kering. (Sumber: Shutterstock)

Kesalahan paling umum yang kita lakukan saat bepergian adalah mengunyah semua jenis snacks atau makanan ringan yang tidak sehat untuk memuaskan rasa lapar. Solusi terbaik untuk hal ini adalah membawa buah-buahan kering sebagai cemilan. Jadi, setiap kali kamu merasa lapar, kamu tidak harus mencari lagi makanan kurang sehat yang pengiringi perjalananmu.

2. Jangan lupa makan buah-buahan segar

Buah-buahan segar (pexels.com/Mareefe)
Buah-buahan segar (pexels.com/Mareefe)

Jangan lupa mampir dan beli buah-buahan segar di jalan. Pisang, apel, anggur, dan stroberi adalah beberapa pilihan yang bagus. Jika buah-buahan kering tidak dapat mengobati rasa laparmu, buah-buahan segar bisa menjadi pilihan.

Buah-buahan segar akan membuat kamu tetap energik sepanjang hari, setidaknya untuk sekadar pengganjal perut sebagai pengganti makanan tak sehat. Namun, jika kamu bukan penggemar buah-buahan segar, pastikan untuk memakannya, setidaknya, sekali sehari.

3. Tetap terhidrasi

Air minum (pexels.com/Cats Coming)
Air minum (pexels.com/Cats Coming)

Kamu mungkin bertanya, bagaimana menjaga agar tetap terhidrasi dengan makan makanan sehat? Jawabannya adalah minum cukup air akan meningkatkan metabolisme dan akan mencegah kamu dari dehidrasi. Sistem pencernaan kamu juga akan tetap sehat dan kamu akan terhindar masalah lambung.

4. Hindari makanan berlemak dan berminyak terlalu banyak

Gorengan (Freepik)
Gorengan (Freepik)

Kamu suka makan makanan berlemak dan berminyak seperti bakso, sate, nasi padang, atau gorengan? Sebaiknya hindari dulu makanan-makanan tersebut saat traveling. Jika kamu tidak bisa sepenuhnya menghindarinya, minimal kurangi dulu.

Kalau pada siang harinya makan makanan berlemak dan berminyak terlalu banyak, pada malam harinya imbangi dengan cemilan sehat seperti buah-buahan atau salad.

Traveling memang merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Saking terlalu menikmati vibes-nya, jangan sampai kita jadi lupa pada kesehatan dan pola makan sehat kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak