facebook

6 Menu Sarapan yang Praktis dan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Icha Faizu
6 Menu Sarapan yang Praktis dan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi Makanan Sehat.

Sarapan bergizi sangat bagus untuk memulai hari sebelum beraktivitas. Jika melewatkannya, kamu akan kehilangan nutrisi penting untuk tubuh sehingga kamu akan merasa lesu, kadar gula darah jadi kacau, dan bahkan susah berkonsentrasi.

Sarapan kaya nutrisi meningkatkan konsentrasi, menurunkan kemungkinan terkena diabetes, mengelola kolesterol, dan membuat kamu tetap bugar.

Memulai hari dengan sarapan sehat juga akan membantu menurunkan berat badan dengan mudah. Sarapan sehat dapat membuat kamu lebih mudah mengontrol keinginan untuk ngemil dan tetap pada tujuan penurunan berat badan.

Berikut ini adalah 6 menu sarapan praktis dan sehat untuk menurunkan berat badan:

1. Telur

Ilustrasi menu diet telur (Pixabay/ritae)
Ilustrasi menu diet telur (Pixabay/ritae)

 

Telur kaya akan protein dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, mengonsumsi telur saat sarapan juga bisa mengurangi nafsu makan sehingga memberikan dorongan untuk menurunkan berat badan.

Telur adalah pilihan sempurna untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mengkreasikan telur dengan cara direbus, didadar dengan tambahan potongan sayuran, diceplok, atau bahkan diorak-arik.

2. Oatmeal

Comfort Food - Oatmeal. (Grab Food)
Comfort Food - Oatmeal. (Grab Food)

 

Untuk sarapan, oatmeal memang sehat dan enak. Makanan ini rendah kalori tetapi tinggi serat dan protein yang tentu saja akan membantu kamu mengendalikan berat badan. Selain itu, oatmeal juga membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh, mengontrol gula darah, dan bagus juga untuk kulit.

Adanya kalori rendah dalam oatmeal akan mengurangi keinginan untuk makan terus, memperlambat pencernaan dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Saat menyantap semangkuk oatmeal, kamu bisa menambahkan beberapa potong buah kiwi dan buah beri yang memiliki vitamin dan potasium yang tinggi.

3. Greek yoghurt

ilustrasi Yoghurt makanan sehat (Unsplash)
ilustrasi Yoghurt makanan sehat (Unsplash)

 

Greek yoghurt alias yoghurt Yunani mengandung lebih banyak protein dan setengah karbohidrat daripada yoghurt biasa. Selain itu, jenis yoghurt ini berkhasiat untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, melancarkan sistem pencernaan, dan mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Untuk rasa manis dan lebih enak, kamu bisa menambahkan beberapa potongan buah raspberry ataupun stroberi. Bisa juga menambahkan irisan pisang di atas yoghurt agar lebih nikmat.

4. Smoothies

Comfort Food - Green Smoothies. (Grab Food)
Comfort Food - Green Smoothies. (Grab Food)

 

Smoothies mengandung banyak nutrisi yang bisa kamu konsumsi untuk sarapan karena mengandung campuran sayuran dan buah-buahan yang membantu kamu menurunkan berat badan. Kamu bisa menambahkan beberapa chia seed atau biji chia ke dalamnya.

Biji chia kaya akan protein yang akan memperlambat pengosongan perut dan mengurangi kadar ghrelin (suatu hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang). Agar kenyang lebih lama, kamu juga bisa menambahkan pisang hijau ke dalam smoothies.

5. Roti bakar alpukat

Ilustrasi Buah Alpukat. (pixabay)
Ilustrasi Buah Alpukat. (pixabay)

 

Sarapan roti bakar alpukat dengan tambahan irisan tomat segar, bawang merah, garam, dan merica sudah cukup untuk memberi kamu energi sepanjang hari. Menu sarapan ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk ngemil di antara waktu makan.

Alpukat dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan bahkan kanker terkait gaya hidup tidak sehat.

6. Selai kacang 

Ilustrasi selai kacang. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi selai kacang. (Sumber: Shutterstock)

 

Selai kacang dan semua jenis kacang-kacangan mengandung lemak sehat, serat, dan juga protein. Meski dulu kacang mendapat reputasi 'buruk' karena tinggi kalori dan lemak, namun ternyata dalam 2 sendok makan selai kacang hanya memiliki kurang dari 200 kalori, 7 gram protein, dan 2 gram serat. Ini bisa membantu kamu memperoleh sarapan bernutrisi. Selain itu, khasiat lainnya adalah meningkatkan kesehatan jantung dan kaya akan antioksidan.

Kamu bisa mengoleskan satu atau dua sendok makan selai kacang di atas roti gandum utuh atau menambahkan kacang atau selai kacang ke dalam semangkuk oatmeal untuk sarapan bergizi seimbang.

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan dambaan hampir sebagian besar orang. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memperhatikan menu sarapan. Karena sarapan merupakan awal yang baik dan waktu makan yang paling penting.

Sumber:

1. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-breakfast-foods#TOC_TITLE_HDR_4

2. https://www.ndtv.com/food/weight-loss-5-best-breakfast-foods-for-weight-loss-1931581

3. https://www.eatingwell.com/article/77715/the-best-breakfast-foods-for-weight-loss/

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak