facebook

4 Tips Mendapatkan Bibir Sehat dan Berwarna Pink Alami, agar Penampilan Lebih Sempurna

Icha Faizu
4 Tips Mendapatkan Bibir Sehat dan Berwarna Pink Alami, agar Penampilan Lebih Sempurna
Ilustrasi bibir sehat. (Freepik)

Ketika berbicara tentang kesehatan, pepatah lama "Lebih baik mencegah daripada mengobati" harus ditanggapi dengan serius, termasuk dalam urusan perawatan bibir. Walaupun segala sesuatunya memang membutuhkan proses agar hasilnya terlihat maksimal.

Memiliki bibir yang sehat dan berwarna pink alami merupakan dambaan setiap orang, khususnya kaum perempuan. Bahkan sudah banyak produk perawatan bibir yang beredar di pasaran dengan klaim merawat dan menyehatkan bibir.

Oleh karena itu, ada beberapa perawatan yang dapat kamu coba. Selain perawatan luar dan jika kamu menginginkan hasil yang optimal, usaha untuk mendapatkan bibir sehat juga perlu ditunjang dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Berikut adalah 4 tips untuk mendapatkan bibir sehat dan berwarna pink alami, seperti dirangkum dari healthline dan ediblebeautyaustralia.

1. Hidrasi

Ilustrasi orang yang sedang minum air putih. (pexels.com/Artem Podrez)
Ilustrasi orang yang sedang minum air putih. (pexels.com/Artem Podrez)

Bibir, tidak seperti bagian kulit lainnya, cenderung kering dan pecah-pecah karena kekurangan kelenjar minyak. Selain itu, bibir itu sensitif dan gampang iritasi. Banyak-banyaklah minun air agar bibir kamu tidak mengering, dan jangan sering-sering menjilati bibir, karena akan membuat bibir kamu dehidrasi. Menjaga bibir tetap terhidrasi juga akan membuat bibir terlihat plumpy dan lembab, serta mencegah perubahan warna bibir.

2. Eksfoliasi

Ilustrasi bibir. (Freepik)
Ilustrasi bibir. (Freepik)

Setelah bangun dari tidur di pagi hari, lakukan eksfoliasi bibir dengan lembut menggunakan sikat gigi basah atau waslap untuk menghilangkan serpihan sel kulit mati yang kering. Menghilangkan sel-sel kulit mati adalah suatu keharusan agar tidak menumpuk dan untuk memastikan bahwa bibir kamu tidak menyerah pada infeksi apa pun. Kamu bahkan bisa menggunakan minyak khusus bibir ataupun lipbalm untuk memijat-mijat bibir kamu selama sekitar 5 menit setiap hari.

3. Lindungi dan lembabkan

Ilustrasi orang yang memakai lipstik. (Freepik)
Ilustrasi orang yang memakai lipstik. (Freepik)

Bibir, terutama bibir bagian bawah, sering terkena sinar matahari. Akibatnya, bibir mudah terserang infeksi kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan produk bibir yang mengandung tabir surya minimal yang ber-SPF 15, terutama pada siang hari. Bahkan memakai lipstik merupakan perlindungan berlapis untuk bibir kamu. Memakai lipstik yang tidak mengandung bahan kimia akan melindungi bibir dari sinar matahari, udara kering, kotoran dan faktor luar lainnya.

4. Percantik bibir kamu!

Ilustrasi menggunakan lipbalm. (pexels.com/Burst)
Ilustrasi menggunakan lipbalm. (pexels.com/Burst)

Memijat-mijat bibir dengan minyak almond atau kelapa sebelum mengoleskan lipstik adalah salah satu ide yang baik demi mendapatkan bibir sehat dan berwarna pink alami. Tunggulah beberapa menit sebelum mengoleskan lipstik. Lipbalm juga bisa digunakan sebagai gantinya. Ini berfungsi untuk menjaga bibir tetap lembab dan agar tidak bersentuhan langsung dengan lipstik yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering.

Nah, itulah 4 tips mendapatkan bibir sehat dan berwarna pink alami. Kamu dapat mempertahankan rutinitas perawatan bibir dengan mempraktikkan tips di atas dengan menggunakan produk perawatan bibir terbaik serta makan makanan sehat dan bergizi seimbang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak