facebook

4 Dampak Buruk Jika Kamu Terus Berpura-pura Baik-baik Saja

Diat Anugrah
4 Dampak Buruk Jika Kamu Terus Berpura-pura Baik-baik Saja
Ilustrasi menutupi kesedihan (freepik.com)

Banyak orang yang memiliki kepribadian tertutup. Orang-orang dengan karakter seperti ini lebih suka menyimpan sendiri apa yang ada pada dirinya, bahkan terkesan menyembunyikan. Termasuk dalam hal perasaan, banyak yang suka menyembunyikan apa yang ada di dalam isi hatinya. Banyak orang yang tidak mau terlihat sedih atau memiliki masalah. Ketika mereka bersedih atau sedang menghadapi masalah, mereka akan berpura-pura baik-baik saja.

Padahal, tindakan menutupi kesedihan atau berpura-pura baik-baik saja ternyata memiliki beberapa dampak buruk. Berikut ini adalah 4 dampak buruk jika kita sering berpura-pura baik-baik saja.

1. Tidak Ada yang Membantu

Jika kita berpura-pura baik-baik saja, maka orang di sekitar kita tidak akan tahu masalah yang sedang kita hadapi. Karena mengetahui masalahnya saja tidak, mereka tentu tidak akan membantu kita.

Padahal, bisa jadi bantuan dari orang-orang di sekitar kita dapat membantu kita mengatasi masalah yang sedang kita hadapi. Kalau tidak sepenuhnya menyelesaikan setidaknya dapat sedikit meringankan.

2. Tidak Mendapat Empati

Selain bantuan, terkadang kita membutuhkan empati dari orang sekitar ketika mendapat masalah. Empati dari orang sekitar dapat membuat kita lebih kuat dan tegar dalam menghadapi keadaan tersebut.

Namun jika kita selalu menutup-nutupi masalah dan berpura-pura baik-baik saja, bagaimana orang sekitar akan tahu kalau kita sedang terkena masalah? Akibatnya, tentu orang-orang tidak akan berempati kepada kita.

3. Tidak Mengubah Keadaan

Berpura-pura tidak memiliki masalah bisa membuat masalah tersebut menjadi semakin sulit diselesaikan. Hal ini dikarenakan kita harus mengatasinya sendiri. Kita juga harus memikirkan solusinya sendiri.

Jika kita mau bercerita dengan orang lain, mungkin orang lain dapat membantu kita menyelesaikan masalah tersebut atau setidaknya memberi saran solusi. Dua pikiran tentu lebih baik daripada satu pikiran.

4. Kesehatan Mental Terganggu

Berpura-pura baik-baik saja ketika menghadapi masalah dapat membuat masalah yang dihadapi terasa lebih berat karena kita juga harus menahan dan mengatur emosi kita di hadapan orang orang lain. Hal tersebur dapat membuat kesehatan mental kita terganggu.

Alangkah baiknya jika sedang mendapat masalah, luapkan saja emosi kita. Jika ingin marah, marahlah selama masih dalam batas wajar. Kalau ingin menangis, tidak masalah menangis. Jangan takut dibilang cengeng oleh orang lain.

Demikian 4 kerugian atau dampak buruk yang bisa kita dapatkan jika sering berpura-pura baik-baik saja. Jangan sembunyikan masalahmu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak