facebook

4 Cara Menghadapi Teman Sok Pintar yang Harus Kamu Tahu, Jangan Emosi!

Diat Anugrah
4 Cara Menghadapi Teman Sok Pintar yang Harus Kamu Tahu, Jangan Emosi!
Ilustrasi teman sok tahu (pexels.com)

Kita memiliki pengetahuan dan ilmu masing-masing, ada yang kita pahami tapi tidak dipahami orang lain, begitupun sebaliknya. Seringkali pula ketika kita memahami sesuatu, ada orang lain yang jauh memahami hal tersebut. Kondisi ini adalah wajar karena pemahaman manusia terbatas.

Namun, seringkali ada orang yang sok tahu atau merasa paling mengerti dalam segala hal. Orang seperti ini seringkali menganggu karena sikap sok tahunya. Tidak jarang mereka akan membual berceloteh mengenai banyak hal yang menurutnya ia pahami. Jika kita memiliki teman yang sok tahu, kita bisa menghadapinya dengan 4 tips ini.

1. Menunjukkan Sikap Mendengarkan dengan Baik

Teman yang sok tahu atau sok pintar biasanya akan sering berceloteh atau membual. Hal ini dia lakukan untuk mencari perhatian sekaligus mendapat pengakuan dari orang lain atas pengetahuannya.

Oleh karena itu, kita bisa menampilkan sikap mendengarkan dengan seksama saat dia berbicara. Hal tersebut bisa membuatnya senang dan merasa dihargai. Namun jika kita sedang masalah mendengarkan karena yang disampaikan adalah omong kosong, kita bisa berpura-pura saja. 

2. Jawab Seperlunya

Teman yang sok pintar akan terus menunjukkan pengetahuannya. Terutama jika ada orang yang menanggapinya dengan antusias, dia akan semakin senang dan akan terus membual.

Dia juga ingin selalu terlihat sebagai orang yang paling memahami banyak hal. Jika ada orang yang memberikan sanggahan atas apa yang disampaikannya, maka ia akan menambah argumen untuk membuktikan bahwa dia benar. 

3. Jangan Melawan dengan Emosi

Orang yang sok tahu atau sok pintar tidak jarang membuat kuta emosi karena bualan-bualannya. Tidak jarang pula mereka menyampaikan omong kosong yang membuat kita terganggu.

Meski demikian, kita tidak boleh menanggapinya dengan emosi. Kita harus tetap tenang dan memberikan respon yang baik. Jangan sampai kita melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri kita sendiri atau orang lain, misalnya memarahi orang tersebut.

4. Beri Pertanyaan Jebakan

Orang yang sok tahu biasanya tidak benar-benar menguasai apa yang ia sampaikan. Dia bisa kita jebak dengan pertanyaan-pertanyaan yang tidak ia mengerti. Ketika dia terjebak dan tidak bisa menjawab pertanyaan kita, kemungkinan besar dia akan malu dan tidak lagi membual di depan kita.

Demikian 4 tips menghadapi teman yang sok pintar atau sok tahu. Tertarik mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak