facebook

4 Profesi yang Muncul akibat Internet, Jadi Cita-cita Banyak Orang

Diat Anugrah
4 Profesi yang Muncul akibat Internet, Jadi Cita-cita Banyak Orang
Ilustrasi Youtuber (pexels.com)

Kehadiran internet dalam kehidupan dan peradaban manusia di zaman modern seperti sekarang ini memberikan banyak perubahan di berbagai sendi kehidupan. Tidak terkecuali dalam hal profesi atau pekerjaan orang untuk mendapat pundi-pundi rupiah.

Kehadiran internet yang membuka lebih banyak kemudahan juga menimbulkan berbagai peluang baru bagi orang untuk berkarya. Dampaknya, banyak profesi atau pekerjaan baru yang ada akibat dari adanya internet.

Berikut ini adalah 4 contoh profesi yang muncul akibat adanya internet.

1. Youtuber

Koneksi internet yang cepat dan stabil membuat kita bisa mengakses konten video dengan lancar. Alhasil, konten berformat video menjadi salah satu jenis konten yang disukai banyak orang.

Salah satu platform favorit untuk berbagi dan menonton konten video adalah Youtube. Kita bisa membagikan video dengan mudah di sana. Selain itu, Youtube juga menyediakan program monetisasi dimana video yang kita unggah akan diberi iklan jika ada yang menonton kemudian kita akan mendapat bayaran atau fee dari setiap iklan yang tayang.

Program monetisasi yang Youtube sediakan membuat banyak irang tertarik. Akibatnya, banyak orang yang mencari uang dengan mengunggah video di Youtube. Kita biasa menyebutnya dengan sebutan Youtuber. 

Banyak nama-nama Youtuber yang sudsh sukses. Diantaranya ada Atta Halilintar, Reza Arap, Raditya Dika, dan lain sebagainya. Kemudian hari akan terus bertambah Youtuber baru yamg mencoba peruntungannya di platform ini.

2. Blogger

Selain konten video di platform streaming seperti Youtube, konten tulisan yang dimuat di blog juga diminati banyak orang. Orang yang mengelola blog biasa kita sebut dengan blogger.

Kebanyakan blogger membuat dan mengelola blognya melalui platform Blogger atau Wordpress. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangan yang membuat orang tertarik memilihnya. 

Seperti Youtube, blog juga bisa diikutkan pada program monetisasi nantinya akan ada iklan yang kita pasang di blog kita. Salah satu platform pengiklanan yang banyak dipakai oleh para blogger adalah Google Adsense. Blogger akan mendapat uang dari setiap iklan yanh dilihatbatau diklik oleh pengunjung blognya.

3. Developer Website

Ketika internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, maka website menjadi hal yang sangat penting bagi banyak pihak. Misalnya perusahaan maupun berbagai institusi. Situs web bisa menjadi wajah sekaligus tempat membagikan berbagai informasi yang diperlukan.

Oleh karena itu, profesi pengembang atau developer website menjadi profesi yang dibutuhkan banyak orang. Mengingat tidak semua orang bisa membuat dan mengembangkan web, maka akan banyak orang yang menggunakan jasa developer website untuk membuat website yang dibutuhkan.

4. Social Media Specialist

Perkembangan internet jiga diikuti dengan perkembangan sosial media. Kini sosial media bukan hanya sebagai tempat untuk bermain atau bercerita saja, melainkan juga menjadi tempat untuk menjalankan bisnis atau mencari uang.

Meskipun hampir semua orang bisa menggunakan sosial media, namun tidak semua orang lihai dan bisa mengoptimalkannya dengan baik. Misalnya membuat sebuah postingan menjadi dilihat lebih banyak orang. 

Oleh karena itu, kehadiran social media specialist menjadi sangat diperlukan. Terutama bagi perusahaan atau institusi yang sangat bergantung kepada interaksi di akun sosial medianya. Mereka membutuhkan peran seorang sosial media agar penggunaan akun sosial media menjadi lebih optimal.

Demikian 4 contoh profesi yang muncul karena adanya internet. Mana yang jadi cita-citamu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak