facebook

6 Tips Membuat Slide Presentasi yang Baik, Tulis Poin Penting!

Diat Anugrah
6 Tips Membuat Slide Presentasi yang Baik, Tulis Poin Penting!
Ilustrasi presentasi (pexels.com)

Saat hendak melakukan presentasi baik untuk urusan pekerjaan maupun sekolah, kita harus melakukan persiapan dengan matang. Salah satu hal yang harus kita persiapkan sebelum memulai presentasi adalah slide presentasi. Kita harus menyiapkan slide presentasi sebaik mungkin agar memudahkan kita dalam menyampaikan materi presentasi.

Dengan slide yang baik, orang lain akan lebih mudah memahami materi yang kita sampaikan. Selain itu, slide juga memudahkan kita untuk mengingat poin-poin penting serta membantu agar penyampaian kita lebih urut dan teratur. Untuk membuat slide presentasi yang baik, kita bisa melakukan 4 tips berikut ini.

1. Tulis Semua Poin Penting

Siapkan dan tulis semua poin penting yang akan kita sampaikan dalam presentasi. Kita bisa menuliskannya di kertas terlebih dahulu semua poin penting tersebut di secarik kertas sebelum memasukkannya ke dalam slide presentasi. Dengan mencantumkan semua poin penting, kita bisa mencegah ada hal yang tidak disampaikan karena terlupa.

2. Jangan Menulis Semua Materi

Meskipun kita dianjurkan untuk menulis semua poin penting, bukan berarti kita bisa menulis semua penjelasan materi yang akan kita sampaikan. Tulis pokok-pokok pentingnya saja.

Menulis semua penjelasan mater akan membuat slide presentasi kita menjadi berantakan. Selain itu, melakukan presentasi dengan sepenuhnya membaca membuat kita terlihat tidak menguasai materi. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika penjelasan materi kita sampaikan secara lisan saja.

3. Gunakan Template yang Profesional

Buat desain slide yang menarik dan profesional. Jangan hanya putih polos saja, namun jangan juga terlalu ramai. Kalau tidak ingin repot mendesainnya sendiri, kita bisa menggunakan template yang tersedia maupun mengunduh template dari internet. Pilih template yang membuat presentasi kita terlihat profesional.

4. Gunakan Teks Sederhana

Meskipun sangat banyak jenis teks yang bisa kita gunakan, namun hendaknya kita memilih teks yang sederhana dan tidak aneh-aneh. Teks yang sederhana akan lebih terlihat profesional sedangkan jenis teks yang aneh akan membuat presentasi kita terlihat seperti main-main.

5. Tambahkan Gambar Pendukung

Alangkah baiknya bila kita menambahkan gambar atau infografis yang diperlukan untuk memperjelas materi kita. Menggambarkan presentasi dengan grafik akan lebih praktis dibanding menuliskannya dengan kata-kata. Kemudian kita bisa memberi penjelasan mengenai gambar atau grafik tersebut secara lisan saat presentasi.

6. Beri Animasi dan Transisi Secukupnya

Di aplikasi pembuat slide presentasi kita bisa menambahkan animasu atau transisi. Kita bisa memilih animasi dan transisi yang bisa membuat presentasi kita lebih menarik. Namun jangan terlalu berlebihan dalam menambahkan animasi dan transisi. Jika berlebihan, presentasi kita bisa terlihat seperti tidak serius.

Demikian 6 tips membuat slide presentasi yang baik. Mudah, bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak