facebook

Jangan Berlarut-larut, Berikut 5 Tips Mengusir Rasa Sedih

Anang wan
Jangan Berlarut-larut, Berikut 5 Tips Mengusir Rasa Sedih
Ilustrasi sedih (freepik/wirestock)

Setiap orang pasti pernah merasa sedih. Dan untuk mengatasinya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengusir rasa sedih ini. Meski umum terjadi, tapi hal ini juga penting untuk diperhatikan.

Rasa sedih yang berlarut-larut akan berdampak pada berbagai gangguan kesehatan. Walau hanya bersifat sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, perasaan sedih terkadang membuat kita menjadi lebih diam, tidak semangat beraktivitas, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Nah, agar kesedihan yang dialami tidak berkepanjangan, berikut ini adalah sejumlah tips untuk mengusir rasa sedih.

1. Pahami kesedihan yang dirasakan

Perasaan sedih yang wajar dialami oleh siapa saja perlu dipahami dan perlu juga untuk diluapkan. Dengan kita paham dan meresapi emosi yang mengalir dalam diri, hati pun akan jauh menjadi lebih lapang dan mampu menerima keadaan yang sudah berlalu.

Tetapi, kamu juga perlu memeberi batas waktu pada diri sendiri. Jangan sampai perasaan sedih kamu membuat kamu semakin menyalahkan diri atau memikirkan hal-hal yang negatif.

2. Luapkan kesedihan dengan menangis

Banyak dari sebagian orang memilih untuk memendam rasa kesedihannya. Namun, ada baiknya juga jika kesedihan yang dialami diluapkan agar dapat segera hilang.

Jika ingin menangis, menangislah. Terkadang, menangis juga bisa membuat perasaan menjadi lebih baik dan lega.

3. Hadapi rasa sedih dengan bijak

Jika sedang menerima gejolak kesedihan dan meluapkannya, pikiran pun jauh lebih rileks. Sehingga kamu bisa berpikir dengan bijak dalam menghadapi kesedihan dan mencari solusi yang tepat dari masalah yang dihadapi.

4. Hibur diri dengan tertawa

Di saat sedang sedih, cobalah untuk membuat kamu kembali tertawa. Mungkin dengan menonton film komedi dapat menjadi hal sederhana untuk memicu gelak tawa setelah menontonnya.

Tak hanya itu, tertawa juga bermanfaat untuk meredam stres dan bahkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Lakukan hal-hal yang disenangi

Jika sedang sedih, jagan hanya fokus pada kesedihan. Cobalah untuk melakukan hal yang disenangi agar suasana hati menjadi lebih baik. Jika suka bepergian, kamu bisa pergi ke tempat yang ingin dikunjungi sebagai ‘obat’ untuk menghilangkan kesedihan.

Tapi ingat, lakukanlah hal-hal yang positif ya.

Nah, sudah tahu kan cara mengatasi kesedihan. Jangan biarkan rasa sedih berlarut-larut dalam diri, karena hanya akan menambah beban pikiran kita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak