facebook

5 Cara Mengatasi Rasa Malas di Bulan Puasa, Jangan Dihabiskan dengan Tidur!

Erfransdo Erfransdo
5 Cara Mengatasi Rasa Malas di Bulan Puasa, Jangan Dihabiskan dengan Tidur!
Ilustrasi orang malas (Pixabay/Sammy-Sander)

Bulan puasa sudah memasuki minggu kedua. Seperti yang kita ketahui, bahwa bulan Ramadan atau bulan puasa ialah bulan yang berkah dan penuh ampunan. Amal kebaikan yang kita lakukan meskipun hanya sedikit saja pahalanya akan berkali-kali lipat. Bahkan, menurut beberapa hadis bahwa orang puasa yang tidur saja akan mendapatkan pahala.

Namun, terkadang banyak juga yang menjadikan alasan tersebut untuk berleha-leha dan bermalas-malasan. Sehingga waktunya hanya dihabiskan untuk tidur saja menunggu magrib alias buka puasa. Beberapa di antara mereka menjadi enggan beraktivitas seperti biasa hingga hidupnya kurang produktif.

Meskipun tidur adalah hal manusiawi, apalagi di bulan puasa, namun kebanyakan tidur atau malas-malasan tentunya bukanlah kebiasaan yang baik. Dari pada malas-malasan, lebih baik kita melakukan aktivitas positif yang dapat menambah semangat kita untuk menjalankan sisa-sisa bulan puasa.

Bagi kalian yang sering malas-malasan di bulan puasa, simak tips-tips berikut ini agar kalian dapat mengatasi rasa malas yang sangat mengganggu.

1. Jangan tidur terlalu larut

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas di bulan puasa adalah jangan tidur terlalu larut atau sampai begadang. Kamu butuh istirahat lebih cukup karena akan bangun untuk melaksanakan sahur. Kalau kamu tidur terlalu larut, mungkin saja kamu akan kesiangan untuk sahur. Atau kalau pun bangun, maka setelah itu kalian pun akan kembali untuk tidur sehingga pada akhirnya akan bermalas-malasan di siang harinya.

2. Jangan tidur lagi setelah sahur

Tidur setelah sahur memang sangat nikmat apalagi kalau sedang dilanda kantuk yang berat. Usahakan, setelah sahur jangan langsung tidur. Ingat, tidur setelah makan sahur hanya akan mengundang berbagai penyakit, salah satunya adalah GERD alias asam lambung. Selain itu, tidur setelah sahur hanya akan membuat kamu malas-malasan. Jika ingin tidur, tunggu sampai 2 hingga 3 jam, tergantung makanan apa yang kamu santap saat sahur.

3. Sempatkan untuk olah raga ringan

Berpuasa bukan berarti kamu harus malas-malasan dan menghindari untuk berolah raga. Meskipun dalam keadaan berpuasa, usahakan untuk berolah raga meskipun sebentar atau olah raga yang ringan. Misalnya, lari-lari kecil di sekitar kompleks rumah atau olah raga ringan lainnya yang bisa dilakukan di rumah. Kalian bisa melakukan olah raga setelah shalat subuh atau di pagi hari maupun sore hari. Tidak perlu yang berat-berat, asalkan mengeluarkan keringat saja.

4. Hindari berlama-lama di tempat tidur

Salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang bermalas-malasan saat bulan puasa adalah terlalu lama diam di kasur atau tempat tidur. Maka dari itu, bawaannya hanya ingin tidur dan tidur saja. Padahal, terlalu banyak tidur hanya akan membuat tubuhmu lemas dan tidak sehat. Hindari tempat tidur setelah sahur dan shalat subuh apabila kamu tidak ingin terlena untuk menghabiskan waktu di kamar. Dari pada tidur, lebih baik mengaji.

5. Lakukan kegiatan positif dan produktif

Terakhir, kalian bisa melakukan kegiatan positif dan produktif untuk mengatasi rasa malas di bulan puasa. Kalau kalian masih mahasiswa dan belum bekerja, kalian bisa belajar materi kuliah yang kemarin. Jika tidak ada bahan ajar, kalian bisa melakukan hobi yang positif seperti menulis atau mungkin ikut membantu orang tua untuk memasak.

Nah, itulah 5 cara yang dapat kalian lakukan untuk mengusir rasa malas selama bulan Ramadan. Daripada malas-malasan atau tidur seharian, lebih baik melakukan hal-hal lain yang bisa memberikanmu pahala yang jauh lebih banyak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak