facebook

Bakar Lidahmu dengan 5 Menu Ayam ini, Dijamin Nggak Bisa Nyinyir Lagi Deh!

Nanik Srisunarni
Bakar Lidahmu dengan 5 Menu Ayam ini, Dijamin Nggak Bisa Nyinyir Lagi Deh!
Ilustrasi Ayam Goreng Pedas. (Pixabay.com/Tresiahoban3)

Olahan makanan berbahan dasar daging ayam memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang menyukai masakan pedas, daging ayam menjadi salah satu pilihan tepat untuk memanjakan dan membakar lidahmu yang doyan nyinyir sana- sini.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini 5 olahan daging ayam yang mampu membakar lidah nyinyirmu:

1. Rica ayam Manado

Tak heran lagi jika masakan rica-rica terkenal pedas di penjuru nusantara. Sensasi pedas yang berasal dari tubrukan cabai dengan merica ini nyatanya sangat digemari hampir semua kalangan. Namun, sudahkah kamu mencicipi rica Manado? Jika belum, bersegeralah mengunjungi kota Manado dan rasakan sensasi lidahmu yang terbakar karena cabai rawit dan cabai hijaunya yang sadis!

2. Ayam Balado Padang

Olahan ayam yang diungkep kemudian digoreng ini menjadi menu pilihan yang cocok untuk membakar semangat nyinyir lidahmu. Citarasa super pedas yang dihasilkan dari tumbukan cabainya akan sangat terasa sadis di lidah.

3. Ayam  taliwang Lombok

Ayam taliwang umumnya dikenal berasal dari tanah Mataram. Namun di Lombok kamu juga bisa menjumpai ayam taliwang ini dengan sensasi super pedas. Ayam taliwang ini mula-mula dibakar dengan olesan cabai merah yang sudah dikeringkan dan ditambah dengan bumbu rempah-rempah lainnya seperti bawang merah, bawang putih, gula merah, terasi, kencur, serta garam. Setelah matang, ayam taliwang biasa dihidangkan dengan plencing kangkung atau makanan khas daerah Lombok lainnya yang tentunya memanjakan lidah.

4. Ayam geprek Jogja

Jogja memng menjadi salah satu tempat istimewa yang menghadirkan banyak kenangan dan keindahan berbagai hal, termasuk kulinernya. Ayam geprek jogja memang umumnya sama dengan ayam geprek di daerah lain, yakni dilumuri tepung dan digoreng kemudian dipukul-pukul menggunakan ulegan dan tambahan sambel bawang. Namun yang membedakan ayam ini dengan ayam geprek lain adalah sensasi sambalnya yang pedas sesadis lirikan mantan hahaha.

5. Ayam suwir Bali

Ayam suwir Bali identik dengan perpaduan rempah yang kaya dengan aromanya yang menggugah selera. Ayam suwir Bali ini di suwir-suwir sehingga kamu tak akan kerepotan memisahkan tulangnya dan diolah dengan campuran bumbu super pedas dan ctambahan santan kental yang kemudian diungkep. Ayam suwir ini dapat disantap dengan nasi putih hangat yang mengenyangkan.

Kelima olahan ayam di atas sangat cocok untuk mengisi perutmu dan tentunya sangat cocik untuk membakar lidah nyinyirmu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak