facebook

4 Tips Ketika Bertemu Orang Baru, Tetap Waspada!

Diat Anugrah
4 Tips Ketika Bertemu Orang Baru, Tetap Waspada!
Ilustrasi mengobrol dengan orang baru (Pexels.com/Nino Piamonte)

Sebagai makhluk sosial, kita tentu akan berinteraksi dengan banyak orang. Seiring berjalannya waktu dengan semakin banyak melakukan aktivitas dan banyak bepergian, maka semakin banyak pula orang yang kita temui.

Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi diri kita karena semakin banyak orang yang kita kenal maka semakin banyak koneksi yang mungkin akan membantu kita di kemudian hari. 

Meski begitu, apabila kita bertemu dan berinteraksi dengan orang baru, kita tidak boleh sembarangan. Bukan bermaksud suuzan, namun saat ini banyak orang-orang yang memiliki niat jahat. Sudah banyak terjadi kasus orang-orang yang dirugikan oleh orang yang baru dikenal, entah itu ditipu, dirampas, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus tetap berhati-hati ketika berinteraksi dengan orang baru. Berikut ini adalah 4 tips ketika berinteraksi dengan orang baru agar kita tidak mendapat masalah.

1. Jangan Mudah Percaya

Ketika berinteraksi dengan orang yang baru kita temui, kita tidak tahu karakter dan kepribadian dari orang tersebut. Kita tidak tahu apakah orang tersebut adalah orang baik-baik atau justru orang yang memiliki niat jahat. Oleh karena itu, hendaknya kita jangan mudah percaya dengan orang lain yang baru kita temui.

Apabila orang tersebut bercerita mengenai banyak hal, kita harus tetap fokus dan jangan sampai terlena. Bisa jadi kisah yang diceritakan adalah bualan yang bertujuan untuk melalaikan kita.

Apalagi jika orang tersebut mengajak untuk melakukan sebuah hal, terutama mengenai bisnis dan keuangan, kita jangan mudah tergiur. Belum tentu orang yang baru kita temui tersebut adalah orang yang jujur.

2. Jangan Menyebutkan Informasi Pribadi

Informasi pribadi adalah hal yang sangat penting dan harus kita jaga kerahasiaannya. Hendaknya informasi pribadi tersebut hanya diketahui oleh kita sendiri dan orang terdekat yang benar-benar kita percayai. Mengingat saat ini banyak terjadi modus kejahatan yang memanfaatkan informasi pribadi dari orang lain.

Oleh karena itu, apabila kita bertemu dengan orang baru, hendaknya kita tidak menyampaikan informasi yang sifatnya pribadi. Kita tidak tahu apakah orang tersebut memiliki niat jahat atau tidak.

3. Jangan Asal Menerima Pemberian

Saat bertemu dengan orang baru yang memiliki kecocokan dengan kita, mungkin kita akan cepat akrab. Dari keakraban tersebut, mungkin orang yang baru kita temui dapat memberikan sesuatu pada kita, misalnya makanan atau minuman.

Kita harus tetap waspada dan hati-hati dengan orang baru tersebut. Kita tidak boleh asal menerima pemberian dari orang tersebut. Jangan sampai kita mendapat masalah karena keteledoran kita. 

4. Jangan Mengucapkan Hal yang Menyinggung

Meskipun baru bertemu, kita tetap harus memiliki tata krama atau unggah-ungguh. Kita harus menjaga lisan kita agar tidak menyakiti orang yang kita ajak bicara. Salah satunya adalah dengan tidak mengucapkan atau menanyakan hal yang bisa menyinggung orang tersebut. Jangan sampai kita membuat masalah dengan orang yang baru kita temui.

Demikian 4 tips ketika berinteraksi dengan orang baru. Intinya kita harus tetap waspada dan jangan membuat masalah dengan orang baru tersebut. Barangkali orang tersebut justru menjadi orang yang dekat dan sering saling membantu dengan kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak