facebook

Orang Tua Wajib Peka! 5 Tanda Sikap Anak Kurang Kasih Sayang

Nanda Putri
Orang Tua Wajib Peka! 5 Tanda Sikap Anak Kurang Kasih Sayang
Ilustrasi anak (Pexels.com/Pixabay)

Tentunya sebagai orang tua mereka perlu memberikan cinta kasih kepada anaknya. Tidak hanya kecukupan secara materi saja yang dibutuhkan oleh anak, tetapi kasih sayang dari sosok orang tua menjadi hal yang paling utama untuk dipenuhi. Anak pun perlu dukungan sosial dari orang tua seperti perhatian, kasih sayang, cinta, dan pengertian.

Di mana dukungan emosional yang diberikan oleh orang tua, akan sangat berpengaruh nantinya terhadap tumbuh kembang anak di masa depan nanti. Bagaimana cara anak bersikap, dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang menjalani peran sebagai orang tua untuk dapat memahami kebutuhan akan kasih sayang pada anak, berikut tanda-tanda dari sikap anak yang menunjukkan bahwa mereka kurang kasih sayang.

1. Tidak memiliki kepercayaan diri

Pembentukan karakter tentunya dimulai dari lingkungan rumah terlebih dulu, dimana peran keluarga sangat penting disini. Orang tua yang terus mengkritik, mengejek, bahkan membandingkan sang anak tentunya akan membuat anak tumbuh dengan perasaan tidak percaya diri.

Anak akan takut untuk memulai segala hal, dikarenakan perasaan trauma yang diberikan oleh orang tuanya karena merasa tidak pernah diapresiasi. Anak akan merasa takut sebelum memulainya, dimana perasaan ketakutan itu akan menghantui dirinya dan akan menghambat dirinya untuk berkembang.

2. Takut untuk membuat kesalahan

Ketidakpedulian orang tua terhadap anak dapat merusak keadaan emosional anak. Misalnya saja ketika anak mendapatkan nilai tinggi, orang lain akan sangat bangga atas pencapaiannya, namun orang tua anak tersebut justru merasa kurang puas dan akan menuntut anak untuk mendapatkan yang lebih lagi.

Hal ini akan membuat anak tumbuh dengan rasa ketakutan untuk membuat orang lain kecewa atas kesalahan yang diperbuatnya. Saat dewasa, anak akan kesulitan dalam membuat keputusan karena keraguannya akan diri sendiri untuk membuat sebuah kesalahan. Ketika hal itu terjadi, anak akan menyalahkan diri sendiri dan mempercayai bahwa dirinya tidak pantas untuk membuat kesalahan dalam hidupnya.

3. Kesulitan dalam menyampaikan emosi

Anak yang seringkali tidak didengarkan oleh orang tua atas perasaannya, akan cenderung menjadi orang yang selalu memendam perasaannya. Hal ini juga bisa terjadi karena orang tua yang tidak mengizinkan anak untuk menyampaikan perasaannya, karena dianggap sebagai tindakan membantah orang tua.

Hal seperti ini justru akan mempengaruhi kesehatan anak, karena emosi yang dipendamnya, anak bisa mengalami gangguan kesehatan seperti kecemasan, depresi, dan kesulitan untuk mengontrol emosi.

4. Suka bertindak aneh untuk mendapatkan perhatian

Anak yang kurang kasih sayang, biasanya akan melakukan tindakan apa saja agar mendapatkan perhatian dari orang lain. Hal ini dikarenakan orang tua tidak pernah atau jarang memberikan perhatian kepada anak, sehingga anak akan berperilaku tidak biasanya atau nakal untuk mendapatkannya.

5. Memiliki perasaan rendah diri

Kasih sayang orang tua kepada anak sangat berperan penting dalam masa pertumbuhan anak dan pengembangan diri. Anak yang selalu diabaikan oleh orang tuanya, akan merasa bahwa dirinya memang tidak layak untuk dicintai atau diinginkan oleh orang lain.

Itulah tadi beberapa tanda perilaku seorang anak yang kemungkinan kurang kasih sayang orang tua! Sebagai orang tua tentunya kita harus lebih peka lagi dalam memperhatikan perilaku anak. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak