facebook

8 Manfaat Dongeng untuk Anak, Yuk Ajak Mereka Mengenal Literasi

Rizky Melinda Sari
8 Manfaat Dongeng untuk Anak, Yuk Ajak Mereka Mengenal Literasi
Ilustrasi membacakan dongeng pada anak (Pexels.com)

Dongeng dapat menjadi salah satu media untuk mengajarkan anak-anak nilai keteladanan. Dengan berbagai tokoh yang unik seperti binatang yang dapat berbicara, pohon yang berperilaku seperti manusia, dan lain sebagainya, membuat dongeng memiliki daya tarik tersendiri.

Membacakan dongeng kepada anak-anak dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak, terutama imajinasi dan daya kreatif mereka. 

Berdasarkan buku Panduan Orang Tua untuk Anak Usia Dini, berikut ini adalah beberapa manfaat dongeng bagi anak-anak, yuk disimak sampai tuntas!

1. Melatih pendengaran dan penglihatan anak

Ketika kita membacakan dongeng kepada anak, kita juga melatih stimulus pendengaran dan penglihatan mereka. Kemampuan mendengar perkataan yang kit ucapkan dan penglihatan mereka akan semakin berkembang seiring banyaknya dongeng yang kita bacakan.

2. Perkembangan anak lebih cepat

Ketika beberapa panca indra distimulus secara bersamaan, perkembangan kecerdasan anak akan meningkat lebih cepat. Dongeng yang memiliki cerita unik dengan gambar yang menarik akan membuat anak merasa senang menyimak ceritanya. 

3. Sarana mendekatkan diri dengan anak

Untuk orang tua yang terlalu sibuk bekerja pada siang hari, momen membacakan dongeng pada malam hari sebelum tidur dapat dijadikan momen mendekatkan diri dengan anak. Meskipun tidak bisa membersamai mereka sepanjang hari, setidaknya kita berusaha menunjukkan kehadiran kita dalam hidup mereka melalui dongeng sebelum tidur.

4. Memberikan pelajaran positif pada anak

Selain ceritanya yang menarik, dongen juga pasti menyelipkan pesan-pesan dan pelajaran yang positif kepada anak-anak. Melalui berbagai watak tokoh yang digambarkan, anak-anak akan belajar konsekuensi dari suatu tindakan tertentum Mereka juga akan belajar mengenal hubungan sebab-akibat.

5. Menegur anak melalui dongeng

Jika anak-anak cenderung tidak menurut ketika ditegur, maka dongeng bisa menjadi salah satu alternatifnya. Cukup cari cerita dongeng yang berkaitan dengan tokoh utamanya melakukan kesalahan tetapi tidak mau ditegur, sehingga dia akhirnya menerima hukuman. Biasanya anak akan lebih tertarik pada cerita dan lebih menyimak daripada dinasihati secara langsung. 

6. Menanamkan rasa cinta pada buku

Membiasakan anak untuk mendengarkan dongeng dapat menumbuhkan minat dan rasa cinta mereka kepada buku. Dongeng dapat menjadi gerbang pertama yang akan mengantarkan anak pada dunia literasi yang lebih luas nantinya.

7. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Tentu saja, tingkat kreativitas dan imajinasi anak akan semakin berkembang seiring banyaknya dongeng yang mereka dengarkan. Di masa anak-anak, sangat penting untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka agar mereka terlatih untuk berpikir di masa depan nanti. 

8. Menghibur dan mengalihkan perhatian anak

Ketika ada peristiwa yang membuat anak marah, kesal, atau sedih, dongeng dapat dijadikan opsi untuk mengalihkan perhatian anak dari hal-hsl tersebut. Daripada membisr anak-anak terlalut dalam perasaan negatif, lebih baik ajak mereka mendengarkan dongeng.

Itulah delapan dampak positif dari dongeng bagi anak-anak. Masih ada banyak dampak positif lainnya yang bisa kamu rasakan sendiri. Jadi, tertarik untuk membacakan dongeng pada anak-anak dari sekarang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak