facebook

4 Hal yang Tidak Boleh Kita Lakukan di Media Sosial, Jangan Coba-coba!

Diat Anugrah
4 Hal yang Tidak Boleh Kita Lakukan di Media Sosial, Jangan Coba-coba!
Ilustrasi media sosial (pexels.com/tracy-le-blanc)

Mengakses media sosial menjadi aktivitas yang sering kita lakukan setiap hari, entah itu instagram, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Hal ini sudah menjadi hal yang wajar di tengah akses internet yang semakin mudah. Media sosial membuat kita lebih update dan mengetahui isu-isu terkini yang sedang berkembang di masyarakat. Kalau tidak mengakses media sosial dalam waktu yang lama, kita bisa merasa seperti ketinggalan informasi terbaru. Meski begitu, kita tidak boleh sembarangan dalam menggunakan media sosial. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dan ada pula hal yang harus kita hindari. Berikut 4 hal yang tidak boleh kita lakukan di media sosial.

1. Menyebarkan Informasi Pribadi

Media sosial memungkinkan kita untuk membagikan banyak hak dalam bentuk konten entah itu tulisan, foto, maupun video. Kita diberi kebebasan untuk membagikan hal-hal yang kita ingin orang lain lihat.Meski begitu, kita harus paham mana yang boleh dibagikan dan mana yang tidak. 

Salah satu hal yang tidak boleh kita bagikan di media sosial adalah informasi pribadi. Informasi pribadi seperti yang tertera dalam kartu identitas sebaiknya kita jaga agar tidak diketahui oleh orang lain. Mengingat saat ini banyak orang tidak bertanggung jawab yang dapat menyalahgunakan informasi pribadi untuk melakukan tindak kejahatan. 

2. Membully Orang Lain

Meskipun di media sosial kita bisa berinteraksi dan berkomunikasi tanoa tatap muka, namun kita harus tetap memiliki etika dan menjaga tutur kata kita. Kita tidak boleh melakukan hal-hal yang tidak sopan dan dapat melukai perasaan orang lain, salah satunya adalah melakukan perundungan atau bullying.

Sudah banyak korban yang dibully di media sosial. Entah itu karena fisik, konten, dan lain sebagainya. Cyber bullying dapat sangat mempengaruhi kesehatan mental korbannya. Jangan sampai kita menjadi salah satu orang yang menjadi pelaku bully di media sosial.

3. Berdebat Tidak Jelas

Media sosial menjadi tempat untuk menyampaikan pendapat secara bebas. Namun ketika terjadi perbedaan pendapat, maka besar kemungkinan akan terjadi perdebatan. Banyak perdebatan tidak jelas atau debat kusir yang terjadi di media sosial. Hal ini mengingat orang bisa berdebat tanpa bertatap muka secara langsung.

Debat kusir tidak akan memberi kita manfaat. Masing-masing pihak sebenarnya tidak ingin menemukan kebenaran. Mereka hanya ingin menemukan pembenaran atas pendapat yang mereka yakini. Tidak jarang juga debat kusir melebar ke arah yang tidak jelas. Oleh karena itu, lebih baik kita hindari perdebatan seperti itu.

4. Menyebarkan Fitnah dan Hoax

Media sosial menjadi untuk menyebarkan informasi dengan sangat mudah. Meski begitu, kita haris berhati-hati terhadap informasi. Banyak informasi hoax yang beredar di media sosial. Kita harus menyaring mana informasi yang benar dan mana yang hoax. Jangan asal sebarkan informasi jika tidak tahu kebenarannya. Karena jika salah, kita bisa menyebarkan hoax dan fitnah.

Demikian 4 hal yang tidak boleh kita lakukan di media sosial. Jangan coba-coba, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak