facebook

5 Hal yang Bisa Merusak Rumah Tangga, Harus Dihindari!

Diat Anugrah
5 Hal yang Bisa Merusak Rumah Tangga, Harus Dihindari!
Ilustrasi suami istri sedang bertengkar (Pexels.com/alex-green)

Setiap orang tentu mengidamkan kehidupan rumah tangga yang bahagia. Menjalani kehidupan bersama pasangan dan anak tentu akan menjadi kehidupan yang membahagiakan. Namun tidak semua orang yang berumah tangga dapat menjalankan rumah tangganya dengan baik. 

Banyak pasangan yang kemudian harus berpisah karena berbagai alasan. Tentu perpisahan dan perceraian bukanlah hak yang mereka inginkan. Namun kondisi yang menyebabkan perceraian menjadi pilihan. 

Berikut ini adalah 5 hal yang bisa membuat rumah tangga menjadi hancur.

1. Tidak Terbuka dengan Pasangan

Pasangan yang sudah menikah dan menjadi suami istri ibarat sudah menjadi satu kesatuan. Oleh karena itu, masing-masing hendaknya saling terbuka terhadap semua hal kepada pasangannya. Jangan ada yang ditutup-tutupi. 

Apabila pasangan tidak mau saling terbuka dan banyak hal yang ditutup-tutupi, hal tersebut bisa memicu masalah dalam rumah tangga. Barangkali bermula dari masalah kecil, namun karena disembunyikan dan tidak segera diatasi maka dapat menjadi masalah besar yang daoat merusak rumah tangga pasangan tersebut.

2. Egois

Salam menjalani kehidupan rumah tangga, tidak selamanya suami istri memiliki pandangan maupun keinginan yang sama. Sewaktu-waktu dapat muncul perbedaan diantara keduanya. Hal tersebut adalah wajar mengingat masing-masing memiliki pemikiran yang berbeda.

Perbedaan tersebut harus diatasi dengan baik-baik untuk menemukan jalan tengah dimana setiap pihak dapat menerimanya. Jangan egois dan memaksakan kehendak kita kepada pasangan. Hal tersebut bisa membuat pasangan tidak nyaman dan huhungan menjadi kurang baik.

3. Cemburu Buta

Kita tentu ingin pasangan yang kita cintai tidak berpaling ke lain hati. Meski begitu, kita tetap harus menggunakan akal sehat kita. Jangan gegabah dan menjadi cemburu buta pada pasangan kita.

Cemburu buta dapat membuat pandangan kita terhadap pasangan menjadi kurang baik. Kita jadi selalu berprasangka buruk terhadapnya. Akibatnya, hubungan bisa menjadi tidak baik dan dapat memicu pertengkaran.

4. Terlalu Banyak Menuntut

Kita mungkin menginginkan sesuatu dari pasangan kita. Namun jangan sampai kita terlalu banyak menuntut pada pasangan kita. Terlalu banyak menuntut ini dan itu dapat membuat pasangan kita merasa kurang nyaman. Jika berlanjut, pasangan bahkan dapat marah kepada kita. Hal ini bisa menimbulkan pertengkaran hingga rusaknya hubungan rumah tangga.

5. Kurang Mengapresiasi Pasangan

Dalam kehidupan rumah tangga, pasangan kita akan melakukan banyak hal. Entah itu bekerja, mengurus rumah, maupun memberi kita hadiah. Kita harus mengapresiasi setiap hal yang pasangan kita lakukan dengan baik. Apabila kita tidak mau mengapresiasi pasangan kita, maka ia akan merasa tidak dihargai. Hal ini bisa membuat hubungan suami istri menjadi kurang baik.

Demikian 5 hal yang bisa merusak rumah tangga. Harus dihindari, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak