facebook

Ketahui 3 Hal Ini, Jika Kamu Kesulitan untuk Berteman

Winda Luthfia
Ketahui 3 Hal Ini, Jika Kamu Kesulitan untuk Berteman
Ilustrasi berteman (pexels.com/Kampus Production)

Jika kamu merasa tidak memiliki teman dan merasa kesepian , kamu tidak sendirian. Bagi sebagian orang, mungkin akan tampak sulit untuk membuat koneksi baru, akan tetapi jika kamu mau berusaha, kamu pasti bisa membangun hubungan baru itu.

Apa saja penyebab sulit berteman?

“Sangat umum bagi seseorang untuk mengalami kurangnya persahabatan. Banyak orang merasa tidak memiliki teman atau orang lain tidak dapat memahami mereka,” kata Jessica Ermilio, PsyD, Psikolog klinis di Humantold.

Menurut Ermilio, ada banyak alasan mengapa seseorang sulit untuk teman.

1. Kecemasan

Alasan yang sangat umum untuk kesulitan berteman ini adalah bahwa banyak orang mengalami berbagai tingkat kecemasan ketika bertemu orang baru. Kecemasan ini berasal dari rasa takut ditolak atau dihakimi oleh orang lain. 

2. Menolak kesempatan

Apakah ada peluang yang mungkin kamu tolak atau hindari karena kesulitan untuk berteman? Sering kali penghindaran terhadap suatu hal yang sulit dapat luput dari perhatian atau tidak perlu dipertanyakan lagi. Jadi, ketika kamu menolak kesempatan sosial, tanyakan pada dirimu mengapa. Berhati-hatilah dengan keputusan tersebut dan dari mana asalnya. Sulit untuk mendapatkan teman baru ketika kamu sulit untuk menempatkan dirimu di luar sana untuk melakukannya.

3. Berekspektasi terlalu tinggi

Orang lain mungkin memiliki keinginan untuk menjadi populer lalu berekspektasi terlalu tinggi, untuk memiliki banyak teman. Namun, tidaklah penting untuk memiliki banyak teman; terkadang, yang dibutuhkan hanyalah satu atau dua teman yang benar-benar datang sebagai sahabat yang baik.

Apa akibat jika sulit memiliki teman?

Memiliki hubungan persahabatan maupun pertemanan sangatlah penting untuk kelangsungan kesehatan mentalmu. Berikut adalah akibat yang akan kita hadapi jika sulit untuk memiliki hubungan persahabatan maupun pertemanan.

  • Kurangnya rasa memiliki, sehingga sulit untuk mengelola stres
  • Sering merasa kesepian dan terasing
  • Mengalami gangguan kesehatan mental karena sering mengurung diri sendiri

Tips agar mudah untuk berteman dengan orang lain

Berikut adalah langkah yang dapat kamu ambil agar lebih mudah untuk berteman dan merasakan rasa memiliki dalam hubungan persahabatan.

1. Carilah lingkungan yang menerimamu

Menemukan lingkungan yang membuatmu merasa nyaman, tenang dan dapat diterima memanglah sangat penting. Hal ini karena dapat membantumu untuk dapat memposisikan diri yang lebih baik dalam membina pertemanan ataupun persahabatan dengan orang baru. Lalu, carilah kegiatan positif yang dapat membuatmu merasa percaya diri dan membina keakraban.

2. Jika masih sulit, tidak ada salahnya untuk melakukan terapi

Jika kamu masih saja kesulitan untuk menemuka rasa memiliki dalam persahabatan ataupun pertemanan, mungkin saja terdapat faktor dari masa lalu yang kemudian membuatmu trauma sehingga sulit untuk membuka diri terhadap orang baru dihidupmu. Maka dari itu, mungkin saja dengan mengikuti terapi, dapat membantumu untuk meringankan kesulitanmu itu. Tidak ada salahnya untuk mengusahakannya terlebih dahulu, bukan?

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui jika sulit berteman dengan orang baru. Dengan mengambil langkah kecil untuk mencapai tujuanmu agar berhasil, tetap bergeraklah untuk maju dengan membentuk koneksi-koneksi erat dengan orang baru.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak