facebook

3 Dampak Positif Jika Pernah Merasakan Gagal dalam Hidup,Tidak Seburuk Itu!

Delia Sanjaya
3 Dampak Positif Jika Pernah Merasakan Gagal dalam Hidup,Tidak Seburuk Itu!
Ilustrasi wanita tersenyum (Pexels/ Julia Avamotive)

Suatu kegagalan memang bukan hal yang diinginkan oleh semua orang. Tapi siapa yang akan tahu, bahwa kegagalan bisa terjadi kepada siapa saja. Salah satunya seperti gagal dalam sebuah usaha. Kita ambil saja contoh seorang pengusaha yang sudah menjalani usahanya dengan semaksimal mungkin, tapi ada sesuatu yang membuat usahanya jadi gagal dan tidak berjalan lagi, entah karena cara dia mengelola keuangan dan lain sebagainya yang menjadi faktor kegagalan itu muncul dalam hidupnya. Tetapi kegagalan yang sudah menimpa dalam kehidupan kita, itu tidak hanya menjadi kesedihan yang mendalam di pikiran, melainkan kegagalan ternyata ada dampak kebaikan untuk hidup kita di saat mendatang, dan inilah beberapa dampak positif yang bisa kita rasakan.

1. Bisa Menjadikan Kegagalan Sebagai Sebuah Proses

Ilustrasi wanita semangat bekerja (Paxels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi wanita semangat bekerja (Paxels/Andrea Piacquadio)

Kegagalan bukan dijadikan penyesalan dan kesedihan yang terus dipikirkan sampai mental kita tidak kuat menahannya. Gagal itu adalah sebuah perjalanan, sebuah proses yang masih bisa kita tempuh dengan memperbaiki apa yang menjadi faktor kegagalan yang pernah ada dalam hidup kita. Kita bisa masih terus berusaha untuk tidak mendapatkan yang namanya gagal itu lagi. Itu hanya sebuah proses yang memang sewaktu-waktu bisa terjadi dalam hidup kita dan sangatlah wajar.

Hidup itu tidak semuanya mulus, memang ekspetasi akan selalu indah, tapi tidak dengan kenyataan yang di mana orang-orang pasti pernah merasakan kesedihan, kehilangan, dan termasuk kegagalan. Bisa saja proses yang kamu jalani, kamu sudah bertemu dengan kegagalan, dan itu juga bisa memungkinkan kamu bertemu keberhasilan.

2. Kamu Lebih Mendekatkan Diri dengan Tuhan dan Terus Berdoa

Ilustrasi berdoa (Pexels/Tima Miroshnichenko)
Ilustrasi berdoa (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Jika berusaha sudah dilakukan, jika kerja keras sudah diperbuat, kenapa masih saja ada kegagalan yang terus dirasakan? Kenapa masih ada hambatan untuk maju? 

Mungkin sebagian dari kita telah sadar, jika ingin mempunyai kebahagiaan dalam duniawi, kemajuan dalam hidupnya, salah satu cara yang sederhana yaitu berdoa, mengingat Tuhan yang berpengaruh dalam hidup kita. Kita harus lebih sering berdoa dan terus berusaha, itulah gabungan yang luar biasa.

3. Kamu akan Berusaha dengan Pikiran yang Lebih Terbuka

Ilustrasi berpikir lebih cerdas (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi berpikir lebih cerdas (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu akan lebih mempersiapkan. Apa yang disiapkan? Pastinya bermacam-macam, mulai dari mental yang lebih kuat, pikiran yang lebih luas dan tidak mudah memilih keputusan dengan secepat dulu, dan tidak mudah percaya dengan orang lain begitu saja.

Artinya kamu seperti orang yang lebih berhati-hati. Kamu sudah merasakan kegagalan yang membuat hatimu sakit, tapi tidak dengan kedua kalinya, jangan sampai terulang kembali. Maka dari itu, kamu tahu apa yang harus dipikirkan secara matang dan tahu mana yang menjadi penyebab kegagalan.

Jika kamu pernah gagal, cobalah bangkit dan malah kamu harus lebih semangat lagi. Buktikan bahwa kamu bisa maju lebih depan lagi, di saat kegagalan pernah kamu lalui dan gagal itu bukan jadi penghalang untukmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak