facebook

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Teman Dalam Masalah, Jangan Menghindar!

Diat Anugrah
5 Hal yang Harus Dilakukan saat Teman Dalam Masalah, Jangan Menghindar!
Ilustrasi teman sedang curhat (pexels.com/fauxels)

Dalam kehidupan, kita tidak bisa terlepas dari orang lain. Maka dari itu kita memiliki teman yang biasa menjalani aktivitas bersama. Hubungan pertemanan harus terjalin sebagai hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Apabila kita ingin diperlakukan dengan baik oleh teman kita, maka kita juga harus memperlakukan teman kita dengan baik

Teman yang baik adalah teman yang selalu ada baik dalam keadaan senang maupun susah. Ketika senang, kita menikmati kesenangan tersebut bersama. Ketika susah, teman harus hadir untuk membantu atau memberi dukungan. Apabila teman kita sedang menghadapi masalah, kita harus hadir di sisinya untuk memberi dukungan.

Berikut ini adalah 5 hal yang dapat dilakukan ketika teman sedang menghadapi masalah.

1. Temani dan Dengarkah Curhatnya

Apabila teman kita sedang menghadapi masalah, maka kita harus hadir. Jangan malah menghilang atau menghindar darinya. Menghindar dari teman yang sedang dalam masalah bisa membuat kita dianggap sebagai teman palsu.

Apabila kita tidak bisa bersamanya secara langsung karena kesibukan atau penyebab lainnya, kita bisa menghubunginya lewat chat. Setidaknya teman kita tahu bahwa kita tidak meninggalkannya. Selain itu, kita juga harus mau mendengarkan curahan hatinya. Jadilah pendengar yang baik. Hal tersebut bisa membuat teman kita merasa lebih baik. 

2. Tanyakan Bantuan yang bisa Kita Berikan

Sebagai teman yang baik, kita tentu ingin memberi bantuan kepada teman kita. Namun kita juga tidak boleh gegabah memberikan bantuan karena belum tentu tindakan kita akan disukai oleh teman kita. Jangan sampai kita bertindak tanpa izin, selain beluk tentu disukai oleh teman kita, tindakan kita yang gegabah juga bisa membuat masalah menjadi semakin runyam.

Oleh karena itu, hendaknya kita bertanya kepada teman kita bantuan apa yang bisa kita berikan. Sampaikan bahwa kita siap membantu sekuat tenaga kita agar masalah tersebut bisa segera teratasi. Apabila ternyata teman kita tidak memerlukan bantuan kita, setidaknya dia tahu bahwa kita siap membantunya.

3. Memberi Dukungan dan Semangat

Selain mendengarkan curhatnya, kita juga harus memberi dukungan dan semangat pada teman kita. Yakinkan padanya bahwa ia kuat dan mampu mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut bisa membuatnya semakin tegar menghadapi masalah karena merasa tidak sendirian.

4. Ajak Melakukan Aktivitas Kesukaannya

Orang yang sedang menghadapi masalah biasanya akan stress. Oleh karena ituz kita bisa membantunya agar tidak stres dengan mengajaknya melakukan aktivitas kesukaannya. Misalnya menonton film, makan di restoran, atau traveling. 

Melakukan aktivitas kesukaan bisa membuat teman kita merasa lebih baik. Meski begitu, kita tidak boleh memaksa, bisa jadi ia sedang tidak berselera melakukan aktivitas lain dan hanya ingin mengatasi masalahnya.

5. Jangan Memberi Saran Jika Tidak Diminta

Saat mendengar curhatan teman mengenai masalah yang sedang di hadapi, mungkin akan muncul dorongan untuk memberi saran kepadanya. Namun jika teman kita tidak meminta saran, lebih baik tahan saran tersebut sampai teman kita merasa lebih baik. Memberi saran saat teman sedang terpuruk dalam masalah bisa membuatnya merasa disudutkan.

Demikian 5 hal yang bisa kita lakukan ketika teman sedang menghadapi masalah. Jangan ditinggalkan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak