facebook

3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan agar Tidak Selalu Punya Pikiran Negatif

Delia Sanjaya
3 Hal yang Sebaiknya Dilakukan agar Tidak Selalu Punya Pikiran Negatif
Ilustrasi berpikir negatif. (Pexels.com/Liza Summer)

Terkadang pikiran itu sulit diatur untuk terus positif, ada kalanya pikiran negatif juga muncul, entah karena lagi lelah, lagi mempunyai masalah yang susah diselesaikan. Ada saja pikiran buruk itu menghantui isi kepala.

Kadang pun pikiran negatif itu disebabkan karena beberapa faktor yang memang mendorong pikiranmu ke arah negatif, sebenarnya bisa saja pikiran negatif itu kita kalahkan. 

Pikiran negatif itu hanya menjadi penghalang saja untuk kita yang ingin maju. Nah, di sini ada beberapa hal yang harus kita lakukan, setidaknya untuk membantu kita agar tidak lagi mempunyai pikiran yang negatif.

1. Jangan Terus Menyesali Masa Lalu

Ilustrasi seseorang yang sedang sedih (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi seseorang yang sedang sedih (Pexels.com/Pixabay)

Tidak akan ada yang bisa mengubah masa lalu, tidak ada pun yang bisa menggantikan masa lalu dan tidak ada juga yang bisa menghapus masa lalu. Sebagian orang akan terjebak di masa lalu, mungkin karena masa lalunya yang begitu amat menyedihkan, menyakitkan atau semacamnya.

Mungkin juga terpuruk oleh masa lalu. Seseorang ada saja yang menyesali apa yang telah terjadi di masa lalunya.

Mau kita bagaimana pun, masa lalu akan tetap jadi peristiwa yang nyata yang pernah dilalui. Sedih boleh, nangis boleh, tapi tidak untuk berlama-lama terjebak dalam masa lalu.

Semua butuh proses, akan ada waktunya untuk bisa bangkit, pikirlah ke depan. Roda akan berputar, kamu akan menemui kebahagiaan juga, tidak melulu soal kesedihan dan keburukan lainnya. Maka dari itu, cobalah melakukan yang terbaik, berikan yang terbaik, dan jadilah orang baik.

2. Kurangi Berteman dengan Orang yang Toxic

Ilustrasi pertemanan (Pexels/Afta Putta Gunawan)
Ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Semakin kita bertambah usia, kita seharusnya semakin dewasa juga dalam bersikap, dan pastinya kita harus bijak dalam memilih circle pertemanan. Teman yang toxic, kemungkinan akan membawa pengaruh buruk.

Misalkan saja, teman kita suka membicarakan keburukan orang lain, teman kita selalu bercerita tentang itu, otomatis kita akan mendengarkan kalimat-kalimat buruk yang dikatakan oleh dia, dan pikiran kita setidaknya pernah berpikir juga tentang keburukan orang yang sedang dibicarakan itu.

3. Setidaknya Harus Ada Waktu untuk Berlibur

Ilustrasi berlibur (Pexels/Te lensFix)
Ilustrasi berlibur (Pexels.com/Te lensFix)

Mungkin kita sedang penat dalam kesibukan sehari-hari, ada saja permasalahan yang jika sudah selesai, terus muncul lagi masalah baru yang harus dibereskan. Pikiran kita jadi tidak terkendali, mungkin kita akan emosi dan tidak stabil.

Cobalah untuk pergi berlibur, luangkan waktu sebentar saja untuk bisa melepas penat. Pergi ke tempat yang sejuk dan udaranya yang segar akan membuat mood kita meningkat. Tidak menutup kemungkinan bahwa pikiran positif akan datang pada kita. Sebab kita sudah merasa lebih rileks. 

Itulah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pikiran negatif, lakukanlah hal-hal yang menjauhkan diri dari pengaruh buruk juga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak