facebook

Jadi Pengangguran? Lakukan 6 Tips Ini agar Tidak Stres

Diat Anugrah
Jadi Pengangguran? Lakukan 6 Tips Ini agar Tidak Stres
Ilustrasi stres (Pexels.com)

Setiap orang menginginkan pekerjaan yang layak dan berkelanjutan. Tidak ada orang yang menginginkan dirinya menjadi seorang pengangguran. Mengingat kebutuhan yang harus selalu dipenuhi, menganggur atau tidak memiliki pekerjaan dapat membuat hidup kita menjadi sulit.

Meski begitu, kita harus menerima bahwa mendapat pekerjaan di zaman sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Besarnya jumlah tenaga kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan menjadi salah satu penyebabnya.

Menjadi pengangguran tentu menjadi beban tersendiri. Bahkan hal tersebut bisa membuat kita menjadi stres. Berikut ini adalah 6 tips yang dapat dilakukan agar tidak stres ketika menganggur.

1. Beri Waktu untuk Bersedih

Ketika kita kehilangan pekerjaan besar, kemungkinan kita akan merasa terpukul. Mungkin akan ada hasrat dalam diri kita untuk segera bangkit. Namun, tidak ada salahnya bila kita memberi waktu bagi diri kita untuk bersedih.

Karena apabila kita melakukan hal berat dalam kondisi hati yang kurang baik, maka hasilnya bisa kurang maksimal. Apabila kita sudah cukup bersedih 1-2 hari dan merasa lebih baik, kita bisa memulai merancang hari baru yang akan kita hadapi.

2. Segera Bangkit dan Buat Rencana Karier

Kita tidak boleh berlarut-larut dalam kesedihan karena tidak memiliki pekerjaan. Kita harus segera bangkit dan membuat rencana karier yang akan kita kejar.

Kita bisa mulai dengan mengenali potensi yang ada dalam diri kita mukai dari skill, latar pendidikan, hingga pengalaman yang dimiliki. Lalu, kita bisa mencari lowongan kerja yang sesuai dengan potensi yang kita miliki.

3. Lakukan Hobi

Ketika sedang memiki pekerjaan tetap, kita mungkin tidak memiliki waktu untuk melakukan hobi kita. Tidak ada salahnya apabila selama menganggur kita melakukan hobi kita.

Namun, jangan sampai hal tersebut membuat kita nyaman dengan status pengangguran yang dimiliki. Bagaimanapun juga kita tetap butuh pemasukan untuk memenuhi kebutuhan kita dan keluarga.

4. Pelajari Kemampuan Baru

Selain tidak bisa melakukan hobi, selama bekerja mungkin kita tidak sempat untuk meningkatkan kemampuan kita dan mempelajari kemampuan baru. Oleh karena itu ketika menganggur, hendaknya kita banyak mempelajari kemampuan baru.

Hal tersebut akan sangat membantu kita dalam perjalanan karier selanjutnya. Bisa jadi kita akan mendapat pekerjaan di bidang yang sama sekali baru bagi kita.

5. Jangan Dengarkan Nyinyiran Orang Lain

Ketika kita menganggur, mungkin akan ada orang lain misalnya tetangga yang nyinyir dengan kondisi kita. Apabila kita mendengar dan memikirkan omongan nyinyir tersebut, kita bisa stres dibuatnya. Oleh karena itu, lebih baik kita tidak terlalu mempedulikan hal tersebut dan fokus pada rencana karier kita.

6. Bisukan Status Teman yang Kariernya Lebih Beruntung

Saat kita menganggur, mungkin ada teman kita yang kariernya lebih beruntung dari kita. Mereka mungkin sesekali bahkan sering mempublikasikan urusan pekerjaan mereka di akun sosial media mereka.

Melihat postingan mereka tentang pekerjaan mungkin dapat membuat kita stres dan iri karena kita masih menganggur. Oleh karena itu, kita bisa membisukan status atau story media sosial mereka.

Demikian 6 tips agar tidak stres saat menganggur. Semoga kita mendapat pekerjaan yang kita impikan, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak