facebook

4 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak, Pembuktian Sayang Bukan Begitu!

Latifah ..
4 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak, Pembuktian Sayang Bukan Begitu!
Ilustrasi anak perempuan (pixabay.com/TawnyNina)

Kodratnya orangtua ingin membahagiakan anak-anaknya. Hanya saja, pembuktian rasa sayang ini sering kali kebablasan. Dengan alasan sayang, banyak orangtua yang sampai terlalu memanjakan anak. Padahal, justru perilaku demikian memiliki efek buruk bagi perkembangan anak itu sendiri.

Berikut akan dikemukakan beberapa alasan kenapa sebaiknya jangan terlalu memanjakan anak. Ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi. Mari kita simak dampak buruk terlalu memanjakan anak.

1. Anak jadi tidak mandiri

Hal fatal pertama yang bisa terjadi akibat terlalu memanjakan anak, yakni anak akan selalu bergantung pada orang lain. Ia sulit tumbuh menjadi pribadi mandiri disebabkan selama ini orangtuanya selalu memenuhi apa yang diinginkan tanpa ada batasan sama sekali.

Tentu saja ini akan menyulitkannya ketika sudah beranjak dewasa. Di sekolah, ia akan selalu mengandalkan bantuan orang sekitarnya untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Saat sudah berkecimpung di dunia kerja, ia akan selalu merepotkan rekan kerjanya karena telah terbiasa untuk selalu dilayani sejak kecil.

2. Anak tumbuh menjadi pribadi yang tidak bertanggung jawab

Salah satu karakter dari pribadi berkualitas adalah kemampuan bertanggung jawab. Orang yang bertanggung jawab umumnya akan selalu berusaha yang terbaik dalam menjalankan apa pun perannya.

Hal ini sulit terjadi apabila anak dari kecil sudah terlalu dimanjakan. Misalnya, anak sering mengabaikan atau merusak mainannya dan tidak ditegur sama sekali. Setelah ia besar, ia gak akan sulit bertanggung jawab terhadap barang miliknya disebabkan sejak dulu perilaku kelirunya itu dibiarkan saja dengan alasan “anak kecil memang seperti itu”.

3. Playing victim

Hal buruk selanjutnya yang bisa terjadi akibat terlalu memanjakan anak, yaitu anak jadi terlatih melakukan playing victim. Setiap kali berbuat salah bukannya mengaku dan meminta maaf, malah menyalahkan orang lain.

Hal ini disebabkan ketika kecil dulu kalau salah bukan ditegur. Malah didiamkan atau menjadikan lingkungan sekitarnya kambing hitam.

4. Dikucilkan dari pergaulan

Hal menyedihkan yang dapat terjadi pada anak bila terlalu dimanjakan oleh orangtua, yaitu dia jadi kesepian. Kondisi tersebut disebabkan teman-temannya malah bergaul dengannya akibat perilaku buruknya tersebut.

Misalnya, sering menyakiti teman atau merusak mainan temannya. Bukannya mengakui salah, tapi malah menyalahkan balik teman yang semestinya jadi korban.

Itulah  dampak buruk terlalu memanjakan anak. Berusaha menyenangkan anak sangatlah wajar. Yang menjadi keliru apabila hal tersebut sudah sampai berlebihan sehingga terlalu memanjakan anak. Efeknya akan merugikan si anak sendiri nantinya, lho!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak