facebook

Hanya Buang-buang Waktu, Yuk Hentikan 3 Kebiasaan Buruk Ini

Delia Sanjaya
Hanya Buang-buang Waktu, Yuk Hentikan 3 Kebiasaan Buruk Ini
Ilustrasi kebiasaan (Pexels.com)

Terkadang memang tanpa kita sadari sesuatu hal telah jadi kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan. Sering mengulang hal-hal yang sebaiknya tidak untuk diulang lagi, karena ternyata tidak berguna. Dengan seiringnya waktu, pasti usia terus bertambah, pikiran pun harus diubah lebih dewasa. 

Dengan apa yang sudah banyak kita lakukan, mungkin ada beberapa kebiasaan yang kita belum tahu ternyata itu tidak baik. Inilah beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari.

1. Main Media sosial Secara Berlebihan

Ilustrasi wanita dengan ponselnya (Pexels/Edmond Dantès)
Ilustrasi wanita dengan ponselnya (Pexels.com/Edmond Dantès)

Kelihatannya sih memang tidak masalah, kamu scroll postingan-postingan orang lain, nonton YouTube berjam-jam. Tapi, jika dipikirkan lebih dalam, sebenarnya dengan berlama-lama melihat media sosial, itu hanya menghabiskan waktumu yang sebaiknya waktu yang kamu punya bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Di sisi lain, jika kamu keseringan bermain media sosial, kemungkinan pikiran negatif akan muncul di isi kepalamu. Entah karena ada sesuatu yang kamu baca di media sosial membuat hatimu jadi berubah, mentalmu jadi tertekan dan semacamnya. Jadi sebaiknya untuk membatasi dirimu dengan media sosial, cobalah untuk melakukan hal-hal baik di dunia nyata.

2. Hobi Banget Menunda Sesuatu

Ilustrasi pemalas (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi pemalas (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Apa kamu termasuk orang yang suka menunda -nunda? Misalnya saja menunda suatu pekerjaan. Ya mungkin kamu pikir masih ada hari esok, padahal dengan cepat menyelesaikan pekerjaan, itu akan membuat kamu jadi lebih ringan keesokan harinya, karena kerjaan sudah terselesaikan dan tidak perlu menjadi pikiran yang menumpuk di isi kepala.

3. Overthinking

Ilustrasi overthinking (Pexels/Tim Gouw)
Ilustrasi overthinking (Pexels.com/Tim Gouw)

Kebiasaan yang satu ini mungkin hampir semua orang mengalaminya, apalagi sebelum tidur di malam hari. Padahal diri ini sudah rebahan, tapi mata masih saja melek, karena isi kepala masih kemana-mana. Masih mikirin ini dan itu. Kayanya susah banget buat meluruskan pikiran yang sudah terlanjur overthinking

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, apa yang kita bayangkan itu belum tentu juga kejadian, belum tentu seburuk itu. Pasti di dalam overthinking kamu ada sisi baiknya yang bisa membuat si overthinking ini berkurang, pasti ada jalan untuk kamu memikirkan sesuati itu dengan jernih, tidak perlu jadi overthinking.

Mungkin solusinya kamu bisa catat apa yang jadi penyebab overthinking itu muncul, dan kamu pikirkan baik-baik solusi yang memang cocok untuk mengatasi overthinking tersebut.

Jadi, kita harus belajar untuk menghindari semua kebiasan buruk yang hanya mengganggu jalannya hidup. Kebiasaannya terlihat sepele, tapi lama kelamaan akan membuat kamu susah untuk berkembang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak