facebook

3 Tips agar Kamu Tidak Lagi Kecanduan Bermain Gadget, Wajib Dicoba!

Delia Sanjaya
3 Tips agar Kamu Tidak Lagi Kecanduan Bermain Gadget, Wajib Dicoba!
Ilustrasi bermain gadget (pexels.com/Jep Gambardella)

Tidak muda tidak tua, hampir semua orang memiliki gadget. Setiap hari jika keluar rumah dan ke tempat yang banyak orangnya, ada saja yang lagi bermain gadget. Kayanya memang sudah jadi kebiasaan banget nih, atau malahan tidak betah kalau tidak pegang gadget dan tidak memainkannya. Terkadang seseorang ada yang merasa bahwa lama kelamaan jika keseringan main gadget itu berpengaruh buruk juga untuk diri sendiri.

Salah satu dampak negatifnya, kemungkinan jika kita keasyikan dengan gadget yang kita punya, maka tanpa disadari kita suka menunda-nunda pekerjaan, yang mungkin harusnya pekerjaan sudah beres dikerjakan. Namun, malah belum dibereskan karena merasa tanggung bermain gadget. Nah, untuk mengatasinya, berikut tiga tips yang bisa kamu coba agar mengurangi kamu dalam kecanduan bermain gadget.

1. Buat Batasan Waktu untuk Pegang Gadget

Tidak salah jika kamu punya waktu-waktu tertentu untuk membatasi diri dengan gadgetmu. Kamu bisa percaya bahwa dirimu juga bisa di waktu tertentu untuk tidak pegang gadget. Kamu harus berani untuk melakukan hal itu, tidak akan kenapa-kenapa juga jika kamu tidak main gadget. 

Jika kamu ingin nonton YouTube, itu boleh-boleh saja. Hanya saja kamu harus batasi waktunya, kamu harus tegas dengan dirimu sendiri, kapan harus meletakkan gadgetmu.

2. Jauhkan Gadget dari Tempat Tidurmu

Siapa nih yang sudah waktunya tidur malah bilang sedang tanggung terus, karena lagi asyik banget dengan gadgetnya? Sampe lupa sama waktu, dan saat lihat jam ternyata sudah subuh. Jadinyakan kesehatanmu yang menjadi korban kecanduangmu dengan gadget itu. 

Coba dari sekarang kalau sudah waktunya tidur, sebaiknya jauhkan gadgetmu dari tempat tidurmu dan pejamkan mata. Jangan sampai kehasut lagi dengan gadgetmu. Jangan lupa matikan gadgetmu untuk membantu agar tidak menganggu waktu tidurmu.

3. Cobalah Pakai Gadget untuk Keperluan Saja

Bisa tidak untuk mencoba menggunakan gadgetmu jika ada perlu saja? Kalau belum pernah mencobanya, coba deh untuk lakukan hal tersebut. Itu adalah salah satu tips buat kamu supaya mengurangi kecanduan dalam bermain gadget. 

Jika sudah tidak ada keperluan lagi dengan gadgetmu, silahkan untuk menaruhnya lagi. Pokoknya jangan biasakan untuk mainkan gadgetmu tanpa tahu tujuan yang memang penting. Saat ada pekerjaan yang harus menggunakan gadget, ya silahkan untuk pakai gadgetnya.

Itulah tiga tips yang bisa kamu coba agar mengurangi kamu dalam kecanduan bermain gadget. Mungkin beberapa tips yang telah dijelaskan tadi, bisa diterapkan olehmu yang ingin mengurangi kecanduan terhadap gadget. Semoga dengan melakukan tips tersebut, kamu bisa lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari yang lebih bermanfaat untuk dirimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak