facebook

Ingin Coba Meditasi Secara Mandiri? Yuk Lakukan 4 Cara Ini di Rumah!

Nanik Srisunarni
Ingin Coba Meditasi Secara Mandiri? Yuk Lakukan 4 Cara Ini di Rumah!
Ilustrasi Meditasi. (Pixabay)

Bagi kamu yang ingin mencoba meditasi secara mandiri di rumah, kamu bisa lho mencoba 4 cara berikut ini. Selain kamu bisa melakukannya secara fleksibel di tempat yang kamu mau, kamu juga bisa bisa menyembuhkan pikiran yang kacau secara gratis.

Lalu apa saja 4 cara tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Duduk dengan tenang

Cobalah untuk mencari tempat yang kamu anggap nyaman dan hening seprti di pegunungan, di dekat air terjun, atau cukup di dalam kamar saja. Yang penting pastikan tempat tersebut nyaman dan aman dari gangguan. Pertama, kamu bisa duduk dengan tenang. Silangkan kedua lututmu dan hirup serta rasakan segarnya udara menghempas wajahmu.

2. Rilekskan tubuh

Rilekskan tubuhmu dengan menghirup udara sedalam-dalamnya dan tahan kemudian hembuskan perlahan melalui mulutmu. Ulangi kegiatan ini beberapa kali dan pejamkan matamu. Rasakan sensasi tenang dan lepaskan segala beban di kepalamu. Semua akan baik-baik saja dan kamu menyadari itu. Jika perlu, kamu bisa mencobanya di tengah ruangan yang gelap dan nyalakan lilin aromaterapi yang bisa menambah ketenanganmu.

3. Berikan ruang untuk berpikir

Cobalah untuk mengurai satu persatu akar masalah yang berkecamuk dalam pikiranmu. Uraikan mana penyebabnya dan dimana ujungnya. Uraikan satu persatu dan biarkan setiap masalah itu menampakkan wujudnya di kepalamu. Akui, dan lepaskan pikiran negatif tersebut.

4. Melepaskan

Lepaskan setiap pikiran negatif yang muncul. Lepaskan satu persatu, jangan ditahan. Biarkan mereka pergi karena sudah cukup lama mereka memenuhi kepalamu.  Bayangkan kamu melambaikan telapak taganmu kepada pikiran negatif yang perlahan terbang menjauh dari pikiranmu dan tersenyumlah dengan bebas. Tersenyumlah dan rekahkanlah lengkungan bibirmu semakin dalam dan tulus.

Setelah melewati 5 cara di atas, segeralah buka matamu dan rasakan sensasi kelegaan dan badanmu terasa ringan. Kamu bisa mencoba mengulangi cara tersebut setiap hari. Kamu bisa juga menggunakna instrumen pendukung seperti musik relaksasi atau wangi-wangian yang berasal dari lilin aromaterapi atau bunga-bungaan bahkan kayu-kayuan seperti kayu manis atau cendana. Semoga harimu perlahan semakin bahagia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak