facebook

5 Tips Cerdas Bagi Kamu Fresh Graduate agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan!

Nanik Srisunarni
5 Tips Cerdas Bagi Kamu Fresh Graduate agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan!
Ilustrasi Mencari Kerja. (Pixabay)

Melanjutkan kehidupan pasa lulus kuliah bukanlah hal mudah. Perlu kekuatan hati dan mental untuk bisa menghadapi kerasnya realita hidup. Apalagi sulitnya mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah yang seringkali membuat para fresh graduate kelabakan.

Agar kamu tidak kesulitan untuk mencari kerja, kamu bisa lakukan tips cerdas mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah berikut ini!

1. Ikuti kegiatan organisasi, magang, dan freelance

Kamu bisa mengikuti kegiatan organisasi dan magang yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Kamu juga bisa menjadi freelance diisela-sela mencari pekerjaan. Hal ini penting agar kamu tetap produktif dan tentunya memiliki penghasilan walaupun tidak seberapa. Jika kamu suka menulis atau mendesain, kamu bisa membuka freelance sebagai penulis atau desaigner.

2. Memperluas jaringan

Jangan pernah remehkan jaringan ya, karena dengan luasnya koneksi atau jaringan kamu, hal ini akan mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan. Jadi, mulai bangun koneksimu sejak dini ya!

3. Jalin relasi dengan alumni

Menjalin relasi dengan alumni sangatlah penting. Kamu bisa banyak belajar dari perjalanan mereka dan meminta rekomendasi pekerjaan yang tepat dari mereka.

4. Mengikuti even job fair

Biasanya job fair akan di buka setiap tahun, jadi manfaatkan kesempatan ini untuk melamar pekerjaan ya. Jangan lupa untuk mempersiapkan cv dan penampilan terbaik kamu agar kamu cepat dilirik oleh perusahaan yang kamu tuju. 

5. Buat prioritas kegiatan yang jelas

Sudah saatnya kamu untuk mengatur ukang prioritas dan membuat prioritas yang jelas dalam kegiatan yang akan kamu lakukan. Jangan sampai melakukan banyak kegiatan tapi semuanya tidak dapat selseai secara maksimal. Sebaliknya, ikuti kegiatan yang sesuai dengan minat bakatmu dan seleseikanlah tigas di dalamnya dengan baik agar hasil yang kamu dapatkan pun juga maksimal. Kamu perlu mengorbankan salah satu atau sebagian dari kegiatan yang kamu anggap kurang penting dan lakukan kegiatan yang menurut kamu penting untuk diikuti.

Itu dia 5 tips yang bisa kmau lakukan agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Jangan sia-siakan waktumu untuk bermalas-malasan dan mulailah membangun jaringan! Semoga artikel ini bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak