facebook

5 Tanda Orang Open Minded, Apakah Kamu Termasuk?

Diat Anugrah
5 Tanda Orang Open Minded, Apakah Kamu Termasuk?
ilustrasi berdiskusi (pexels.com/jopwell)

Belakangan ini kita sering mendengar istilah open minded. Secara sederhana, open minded dapat kita artikan sebagai berpikiran terbuka. Salah satu penyebabnya adalah banyak public figure yang berulang kali menyampaikan istilah tersebut. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa mereka adalah orang yang open minded dan sedang berusaha membuat orang lain menjadi open minded pula.

Kehadiran para influencer yang turut mengajak open minded juga membuat hal ini menjadi tren di kalangan anak muda. Orang dengan pemikiran terbuka akan dianggap lebih baik dibanding yang lainnya. Namun, tidak semua orang benar-benar open minded. Banyak orang yang hanya mengaku-ngaku saja supaya dianggap pandai atau mendapat apresiasi dari orang lain.

Berikut ini adalah 5 tanda orang open minded atau berpikiran terbuka.

1. Suka Berdiskusi

Orang yang berpikiran terbuka akan senang mendengar pendapat orang lain, terutama dari berbagai pemikiran yang berbeda dengannya. Maka dari itu, orang yang berpikiran terbuka akan senang berdiskusi dengan siapa saja. Hal ini dilakukan semata-mata agar ia dapat melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang.

2. Wawasan Luas

Karena senang mendengar dan mempelajari berbagai pemikiran, maka orang yang open minded akan cenderung memiliki wawasan yang luas. Ketika melihat sebuah permasalahan atau kondisi, ia dapat melihat dari berbagai sudut pandang. Termasuk apabila kita meminta pendapatnya, ia dapat menjelaskan dengan baik melalui berbagai sudut pandang yang ia ketahui.

3. Tidak Merasa Paling Benar

Orang yang open minded menyadari bahwa banyak hal yang mungkin belum ia ketahui. Ia juga menyadari ada berbagai kemungkinan yang terjadi mengenai sebuah permasalahan. Oleh sebab itu, orang yang open minded tidak akan merasa paling benar. Ia menyadari mungkin ada pendapat yang lebih besar yang belum ia ketahui. Faktor ini juga yang membuat orang open minded senang berdiskusi dengan orang lain.

4. Tidak Mudah Menyalahkan Orang Lain

Karena tidak merasa paling benar, maka orang yang open minded juga tidak akan mudah menyalahkan orang lain. Ia menyadari bahwa selalu ada kemungkinan bahwa pendapatnya salah dan pendapat orang lain benar. 

Meskipun saat ini pendapat orang lain terkesan salah bahkan terlihat tidak masuk akal, ia tidak akan mudah menyalahkan orang tersebut. Barangkali pendapat tersebut terlihat salah karena ada suatu hal yang belum ia ketahui.

5. Menghargai Pendapat Orang Lain

Dengan tidak merasa benar sendiri dan tidak mudah menyalahkan orang lain, maka orang open minded akan sangat menghargai berbagai pendapat yang ada. Sikap ini terlihat ketika ia berdiskusi atau berdebat dengan orang lain, ia tidak akan meremehkan sebuah pendapat orang lain. Barangkali pendapat lebih benar dibanding pendapatnya.

Demikian 5 tanda orang open minded. Adakah dalam dirimu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak