facebook

4 Tips Meminjamkan Barang pada Orang Lain, Jangan Sampai Hilang!

Diat Anugrah
4 Tips Meminjamkan Barang pada Orang Lain, Jangan Sampai Hilang!
Ilustrasi perkakas, barang yang sering dipinjam (pexels.com/energepic.com)

Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus saling tolong-menolong dengan orang di sekitar kita. Kita hendaknya memberi pertolongan kepada orang lain sebagaimana kita ingin mendapat pertolongan ketika membutuhkan. Hal ini karena kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari orang lain. 

Salah satu bentuk pertolongan adalah meminjamkan barang pada orang lain yang membutuhkan. Misalnya ketika teman membutuhkan barang yang tidak ia miliki. Hendaknya kita bersedia meminjamkan barang milik kita.

Meski begitu, meminjamkan barang bukan perkara sepele. Ada risiko yang siap menanti seperti barang hilang atau rusak. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga barang kita.

Berikut ini adalah 4 tips yang dapat dilakukan saat meminjamkan barang kepada orang lain.

1. Pastikan Kita Sedang Tidak Membutuhkan

Sebelum memutuskan untuk meminjamkan barang milik kita pada orang lain, kita hendaknya memastikan terlebih dahulu bahwa barang tersebut sedang tidak kita butuhkan selama waktu peminjaman. Hal ini penting agar kita tidak kerepotan karena membutuhkan barang tersebut namun sedang dipinjam. 

Apabila sekiranya kita akan membutuhkan barang tersebut, maka sampaikan dengan baik bahwa kita tidak busa meminjamkannya. Lebih baik ia mencari pinjaman pada orang lain daripada keperluannya belum selesai namun sudah kita minta untuk segera dikembalikan.

2. Cari Tahu Tujuan Meminjam

Selain memastikan kita sedang tidak membutuhkan barang tersebut, pastikan juga bahwa orang tersebut memang benar-benar membutuhkan barang tersebut. Kalau sekiranya tidak terlalu urgent untuk menggunakan barang tersebut dan lebih banyak resiko daripada manfaatnya, maka kita bisa mengurungkan niat untuk meminjamkan barang milik kita.

3. Dicatat

Apabila barang milik kita dipinjam dalam waktu yang cukup lama, kita bisa mencatat peminjaman tersebut. Hal ini untuk menghindari kita lupa yang dapat menyebabkan barang menjadi hilang. Kota bisa mencatat barang apa yang dipinjam, siapa yang meminjam, serta kapan waktu pengembaliannya. Tidak apa repot sedikit demi menjaga barang milik kita.

4. Diingatkkan untuk Dikembalikan

Apabila sekiranya sudah selesai digunakan, maka kita bisa mengingatkan peminjam untuk mengembalikan barang kita. Hal ini untuk menghindari barang kita lupa dikembalikan. Apalagi jika terbengkalai maka barang tersebut dapat rusak. Namun kita harus mengingatkan dengan cara yang baik dan sopan.

Demikian 4 tips yang dapat dilakukan saat meminjamkan barang pada orang lain. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak