facebook

4 Tips Mengatasi Rasa Kecewa pada Pasangan

Mutami Matul Istiqomah
4 Tips Mengatasi Rasa Kecewa pada Pasangan
ilustrasi kecewa pada pasangan.[Freepik.com/wayhomestudio]

Dalam beberapa hal, seringkali kita merasa kecewa dengan pasangan. Menangis, menyalahkan, dan seolah dia menjadi seseorang yang sangat kita benci. Namun, tentu saja membenci seseorang bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Meskipun, kecewa juga bukanlah hal yang mudah untuk dirasakan. 

Menyikapi sebuah rasa kecewa memang membutuhkan waktu dan usaha melawan diri sendiri. Karena terkadang, diri sendiri yang begitu kuat untuk melawan orang yang mengecewakan. Jangan sampai, kita hilang kendali dan melakukan banyak hal yang salah. 

Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa kecewa pada pasangan

1. Tenangkan diri 

Menenangkan diri bisa dilakukan dengan pergi dari pasangan. Misalnya, pergi sebentar ke luar rumah untuk sementara. Agar kita bisa merasa lebih tenang. 

Tetap berada dalam satu ruang dengan pasangan sementara hati merasa kecewa, bisa menimbulkan banyak hal. Salah satunya adalah rasa kecewa yang tidak kunjung hilang, malah bertambah. 

Makanya, kamu memang perlu waktu untuk memeluk dirimu sendiri. Dirimu yang bisa membuatmu kuat dan berdiri kembali. Tidak perlu merasa takut. 

2. Redam ekspektasi 

Terkadang, kita merasa kecewa dengan pasangan karena kita terlalu berekspektasi kepadanya. Kita terlalu berharap dengan begitu tinggi, sampai lupa bahwa pasangan adalah manusia biasa. Sangat lumrah untuk merasa tidak mampu dan berbuat salah. 

Kamu harus meredam ekspektasimu yang terlalu tinggi dan menyesuaikannya dengan kemampuan pasangan. Berharap yang terbaik itu adalah hal yang baik, namun berekspektasi terlalu tinggi seringkali hanya menjadi boomerang bagi diri sendiri. 

3. Jangan terlalu bergantung 

Kekecewaan mu yang kemarin mungkin disebabkan karena kamu terlalu merasa bergantung kepada pasangan. Kamu mencari pasangan untuk membahagiakanmu. Ketika dia tidak bisa melakukan itu, hatimu sakit dan tidak bisa menerimanya. 

Kamu harus membahagiakan dirimu sendiri. Ada yang mencintai atau tidak ada yang mencintai, kamu harus menemukan cara untuk bahagia sendiri. 

Bergantung kepada orang lain bukan hal yang baik. Meskipun sangat mungkin untuk tidak sengaja dilakukan ketika sedang menjadi budak cinta. Namun kamu harus pandai mengontrol diri sendiri agar tidak masuk ke dalam perangkap. 

4. Lebih terbuka kepada pasangan 

Kekecewaan yang ada mungkin karena kamu dan pasangan tidak begitu memahami satu sama lain. Maka dari itu, kedepannya, kamu dan pasangan harus lebih saling terbuka. 

Apa yang kamu rasakan, harus berusaha untuk disampaikan. Begitu juga ketika pasanganmu menyampaikan sesuatu, baik maupun buruk, kamu harus berusaha untuk menerimanya. 

Keterbukaan dalam hubungan bisa membuat kamu maupun pasangan saling memahami perasaan dan kemampuan masing-masing sehingga meminimalisir kemungkinan untuk merasa kecewa. 

Itu dia 4 cara mengatasi kecewa pada pasangan. Semoga bisa membantu kita mempertahankan hubungan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak