facebook

4 Tanda Orang yang Close Minded, Merasa Paling Benar!

Diat Anugrah
4 Tanda Orang yang Close Minded, Merasa Paling Benar!
Ilustrasi close minded (Pexels.com/mikhail-nilov)

Di zaman ini, informasi dan pengetahuan sangat mudah dan cepat untuk disebarluaskan, termasuk di dalamnya terdapat pendapat dan pemikiran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menyikapi segala perbedaan tersebut. Kita hendaknya tidak menjadi orang yang close minded atau berpikiran tertutup.

Di tengah berbagai perbedaan pendapat dan pemikiran, kita hendaknya bisa menjadi orang yang open minded agar bisa menerima dan hidup berdampingan dengan perbedaan-perbedaan tersebut.

Sebaliknya, orang yang close minded cenderung tidak bisa menerima perbedaan. Berikut ini adalah 4 tanda orang yang close minded.

1. Merasa Paling Benar

Orang yang close minded selalu menganggap bahwa dirinya benar. Ketika ada perbedaan, maka dirinya atau pendapatnyalah yang benar dan pendapat orang lain salah.

Akibatnya, ia menjadi tidak objektif dalam melihat suatu permasalahan karena selalu merasa benar. Padahal, belum tentu pendapatnya memang benar. Sikap seperti ini bisa membuatnya tidak bisa berubah menjadi lebih baik.

2. Mudah Menyalahkan Orang Lain

Selain merasa paling benar, orang yang close minded juga akan mudah menyalahkan orang lain. Terutama ketika ada orang yang berbeda pendapat dengannya, ia akan langsung menghakimi pendapat orang tersebut salah. Padahal, belum tentu pendapat itu salah. Hal ini bisa membuat orang yang close minded tertutup dari kebenaran yang sesungguhnya.

3. Suka Berdebat

Karena merasa selalu benar, orang yang close minded biasanya fanatik dengan pendiriannya. Ia akan mempertahankan pendapatnya sebisa mungkin.

Ia tidak akan senang bila ada orang lain yang berbeda pendapat dengannya, apalagi jika pendapat tersebut menyalahkan pendapatnya. Untuk mempertahankan pendapatnya, orang yang close minded tidak sungkan-sungkan untuk berdebat dengan orang lain.

4. Tidak Mau Mendengar Pendapat Orang Lain

Anggapan bahwa pendapatnya benar dan pendapat orang lain salah membuat orang close minded tidak mau mendengar pendapat orang lain. Padahal, mendengar pendapat orang lain sangat penting untuk menemukan kebenaran sesungguhnya. Kita bisa menemukan letak kesalahan dan memperbaikinya.

Demikian 4 tanda orang yang close minded. Hendaknya kita menghindari 4 hal tersebut dan menjadi orang yang open minded.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak