facebook

4 Keuntungan Menjadi Orang Open Minded, Tertarik Mencoba?

Diat Anugrah
4 Keuntungan Menjadi Orang Open Minded, Tertarik Mencoba?
Ilustrasi open minded (Freepik.com/wayhomestudio)

Kita semua hendaknya memiliki pikiran yang terbuka atau lebih sering disebut sebagai open minded. Memang tidak semua orang memiliki sifat open minded. Namun, kita harus bisa membentuk sifat tersebut mulai dari sekarang. Kita harus mulai melawan ego kita dan mencoba mendengarkan pendapat orang lain.

Menjadi orang yang open minded penting agar kita bisa lebih bijak dalam menerima berbagai perbedaan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah 4 keuntungan menjadi orang yang open minded.

1. Tidak Mudah Tersinggung

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang akan kita temui. Apalagi di media sosial di mana orang dapat berpendapat sesuka hatinya, kita tentu akan menemukan pendapat atau pemikiran yang tidak sejalan dengan kita.

Apabila kita memiliki pemikiran yang tertutup, kita bisa tersinggung ketika ada pendapat yang mennyalahkan kita. Namun, apabila kita berpikiran lebih terbuka, kita tidak mudah tersinggung dan akan menerima perbedaan tersebut dengan bijak. Orang yang open minded menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing yang harus kita hargai.

2. Wawasan Menjadi Luas

Orang yang open minded biasanya suka mendengar atau mempelajari pendapat dari dari banyak orang. Hal ini membuatnya mengerti banyak hal dari berbagai sudut pandang.

Hal ini ditambah dengan sifat orang open minded yang biasanya ingin terus belajar hal baru. Akibatnya, orang open minded cenderung memiliki wawasan yang lebih luas dibandingkan dengan orang yang close minded.

3. Banyak Teman dan Sedikit Musuh

Tidak jarang perbedaan pendapat bisa memancing permusuhan. Hal ini kerap terjadi pada orang yang fanatik. Namun, tidak dengan orang yang open minded. Orang yang open minded bisa menerima perbedaan dengan bijak tanpa menyalahkan orang lain. Akibatnya, orang yang open minded akan cenderung memiliki banyak teman dan sedikit musuh.

4. Lebih Bijak Melihat Permasalahan

Ketika melihat sebuah permasalahan, orang yang open minded akan melihatnya dari berbagai sudut pandang. Ia juga tidak akan merasa paling mengerti mengenai permasalahan tersebut. Jadi, ia akan lebih bijak dan tidak gegabah dalam menyikapinya.

Demikian 4 keuntungan menjadi orang yang open minded. Menyenangkan, bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak