facebook

Terapkan 3 Hal Ini Jika Ingin Nyaman dan Fokus dalam Belajar!

Delia Sanjaya
Terapkan 3 Hal Ini Jika Ingin Nyaman dan Fokus dalam Belajar!
Ilustrasi belajar (Pexels.com/JuliaMCameron)

Apakah kamu seorang pelajar? Kamu lagi belajar mendalami bidang tertentu? Tapi, bagaimana hasilnya jika saat belajar merasa tidak nyaman dan susah untuk bisa fokus ke pembelajarannya? Karena memang ada beberapa faktor yang suka mengganggu kamu dalam kegiatan belajar. Cobalah untuk terapkan beberapa hal ini agar kamu bisa lebih fokus untuk belajar. 

Baiklah, saat kamu belum bisa nyaman dan fokus dalam belajar, inilah hal-hal yang mungkin bisa kamu coba untuk terapkan saat ingin melakukan kegiatan belajar.

1. Letakkan Handphone Jauh dari Gapaian Tanganmu

Ilustrasi handphone dan buku (Pexels/ready made)
Ilustrasi handphone dan buku (Pexels.com/ready made)

Terkadang ada sebagian orang yang menyadari bahwa handphone lebih menarik dari lembaran-lembaran kertas yang telah diisi oleh kalimat-kalimat untuk dibaca dan akan menambah pengetahuanmu. Apalagi jika notifikasi suara handphone sudah berbunyi, kayanya ingin sekali menatap layar handphone tersebut. 

Nah, ini yang bisa mengganggumu saat ingin belajar, jangan sampai handphone menjadi penghalangmu untuk membuka buku, kecuali untuk mencari pembelajaran di internet. Salah satu caranya adalah sebisa mungkin jauhkan handphone-mu dari gapaian tanganmu, agar kamu sendiri tidak mudah mengambilnya.

2. Pilih Tempat Belajar yang Nyaman Untukmu

Ilustrasi wanita membaca buku di rooftop (Pexels/Maisie Kane)
Ilustrasi wanita membaca buku di rooftop (Pexels.com/Maisie Kane)

Tempat terkadang memang berpengaruh untukmu jika ingin mulai belajar. Saat kamu sedang di tempat yang menurutmu tidak nyaman, belum tentu kamu bisa dengan mudah fokus pada kegiatan belajarmu.

Sebaiknya kamu pilihlah tempat yang memang membuatmu nyaman, jika kamu lebih suka di rumah, kamu mungkin nyaman saat berada di dalam kamar tidur, ruang keluarga, atau mungkin di halaman rumah.

Apa pun ruangannya, pastinya kamu pilih yang memang tempat itu kamu sukai dan membuatmu nyaman dan bisa digunakan untuk belajar dan kemungkinan proses belajarmu akan lebih baik.

3. Sebaiknya Hindari Suara-suara yang Mengganggu Konsentrasimu

Ilustrasi wanita membaca buku di perpustakaan (Pexels/cottonbro)
Ilustrasi wanita membaca buku di perpustakaan (Pexels.com/cottonbro)

Jika saat kamu sedang belajar, ada sebagian orang yang mungkin di antaranya adalah kamu, memang tidak bisa belajar di tempat yang terlalu berisik, dan bahkan suara televisi yang nyala pun bisa saja mengganggu konsentrasi belajarmu.

Jika memang kamu harus belajar di tempat yang hening, silahkan menjauh dari tempat yang memang banyak suara-suara yang akan membuatmu tidak fokus untuk belajar. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan agar belajarmu bisa lebih fokus dan tentunya nyaman untukmu. Jangan sampai hal-hal sepele bisa mengganggu kegiatan pembelajaranmu, sebaiknya hindari saja hal-hal yang memang mengganggu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak