facebook

3 Tips Mengurangi Rasa Grogi Berbicara di Depan Umum, yuk Percaya Diri!

Delia Sanjaya
3 Tips Mengurangi Rasa Grogi Berbicara di Depan Umum, yuk Percaya Diri!
Ilustrasi public speaking (Pexels/fauxels)

Apa yang kamu rasakan bila berbicara di depan banyak orang? Kayanya mata semua orang tertuju padamu, ya. Jika kamu orang yang sudah percaya diri, mau pendengarnya siapa pun pasti kamu tetap lancar dalam berbicara di depan umum. Tapi bagaimana kabarnya, kalau orang yang belum terbiasa bicara di depan umum, malah disuruh pegang mic terus harus berbicara dengan banyak orang? Mungkin kebanyakan orang merasakan grogi, pegang mic akan gemetar, tiba-tiba perut mules. 

Ternyata tidak sedikit orang yang memang grogi saat berbicara di depan umum. Jika kamu sedang ada acara dan disuruh bicara di depan banyak orang, ingin banget bisa mengurangi groginya. Nah! Sebenarnya ada tips yang bisa kamu terapkan untuk membantu kamu percaya diri saat public speaking.

1. Pahami Materi

Biasanya saat kamu ingin berbicara di depan umum, pasti kamu sudah kepikiran tentang apa yang akan dibicarakan saat di depan nanti. Jika kamu menyadari kalau kamu itu orang yang grogi, lebih baik kamu memahami dulu materi yang akan kamu bawakan di depan nanti, kamu kuasai apa yang harus kamu bicarakan. 

Kamu tidak perlu menghafal semua kalimat yang akan dibicarakan, kalau seperti itu malah nanti kamu akan kebingungan, karena jika ada kalimat sedikit saja yang terlupakan, nanti malah bisa membuat kamu ngeblank. Jadi sebaiknya kamu tulis dahulu point-point yang akan dibahas nanti, lalu kamu pahami asmua point itu dan kemungkinan kamu akan lebih percaya diri, karena kamu sudah tahu apa yang akan dibicarakan dan tidak kehabisan kata-kata.

2. Bicara dengan Intonasi yang Jelas

Jika bicara dengan banyak orang, sebaiknya bicarlah dengan intonasi yang bisa didengar oleh semua audiens. Karena jika suaramu misalnya terlalu kecil, nanti audiens jadi tidak menghargai kamu saat sedang berbicara di depan. Suara terlalu pelan pun akan terlalu memperlihatkan bahwa dirimu sedang grogi. Jadi bicara saja dengan lantang. Di sisi lain juga suara yang terdengar kecil hanya membuat audiens tidak mengerti apa yang sedang dibahas olehmu.

3. Jangan Lihat Mata Audiens, Lihatlah Dahinya

Sebagian banyak orang ada yang grogi saat berbicara depan umum, karena alasan tidak bisa melihat para audiensnya. Ada yang salah tingkah karena menatap mata audiens, ada yang deg-degan jika saling memandang. Sedangkan berbicara di depan umum itu yang baik adalah harus bisa melihat semua para audiensnya.

Jadi ada tips nih yang bisa dilakukan, kamu cukup melihat dahinya saja, jadi kelihatannya seperti melihat mata audiens. Kamu cukup lihat saja dahi aundiens, biar mengurangi rasa grogimu.

Itulah 3 tips yang bisa kamu praktikan saat kamu akan public speaking, semoga bisa membantu mengurangi rasa grogimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak