facebook

3 Ciri-ciri Seseorang Belum Bisa Berhemat, Yuk Kurangi Pengeluaran!

Delia Sanjaya
3 Ciri-ciri Seseorang Belum Bisa Berhemat, Yuk Kurangi Pengeluaran!
Ilustrasi wanita berbelanja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kamu pernah dengar tidak peribahasa yang berbunyi "hemat pangkal kaya"? Peribahasa ini biasanya lebih sering disampaikan oleh seorang guru saat di sekolah. Mungkin peribahasa ini juga bermaksud jika kamu bisa selalu berhemat, kamu itu akan tidak kesulitan dalam masalah finansial untuk hari-hari yang akan datang.

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari mungkin kamu tidak sadar jika sudah menghamburkan uangmu untuk dibelikan pada sesuatu yang ternyata tidak sepenting itu. Jika ingin tahu kamu sudah berhemat atau belum, inilah 3 ciri yang bisa memperlihatkan apakah dirimu sudah hemat atau malah kamu belum terlalu bijak menggunakan keuanganmu.

1. Selalu Berbelanja Saat Ada Promo Dari Marketplace

Ilustrasi tulisan sale diskon (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi tulisan sale diskon.(Pexels/Karolina Grabowska)

Ngaku nih, siapa yang gerak cepat kalau sudah ada tanggal-tanggal promo di marketplace? Alasannya karena harganya miring, harganya bersahabat dengan isi dompet. Jika barangnya memang berguna untukmu, itu tidak jadi masalah jika kamu membelinya. Tapi tidak sedikit orang yang beli bukan karena penting atau tidaknya barang tersebut, hanya karena harganya murah saja, jadi tergiur untuk membelinya. 

Jika hal tersebut sering terjadi padamu, sebaiknya dikurang-kurangi dari sekarang, karena dengan kamu membeli barang yang tidak terlalu penting, itu sama saja kamu membuang-buang uang, sebab belanja seperti itu bisa jadi kebiasaanmu yang membuat keuanganmu jadi tidak baik. Lama kelamaan barang-barang promo yang selalu kamu beli akan menumpuk di rumahmu, jika dihitung-hitung pengeluaranmu akan besar karena sudah membeli semua barang promo tersebut.

2. Hobi Membeli Makan di Cafe

Ilustrasi di cafe (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi di cafe (Pexels/Daria Shevtsova)

Hal yang satu ini jangan dijadikan sebagai salah satu hobimu ya! Jika kamu orang yang suka banget untuk beli makan dan hampir setiap hari ke cafe, ini tanda bahwa kamu belum bisa untuk berhemat. Untuk makan jika ingin hemat, cobalah untuk memasak sendiri di rumah. Tidak ada alasan untuk tidak bisa memasak, karena sekarang sudah ada Media Sosial yang dengan jelasnya memberikan video-video untuk kamu bisa pratikkan sendiri di rumah.

3. Selalu Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain

Ilustrasi wanita fashionable (Pexels/Veronika Bykovich)
Ilustrasi wanita fashionable (Pexels/Veronika Bykovich)

Dengan kamu selalu mengikuti gaya hidup seseorang yang mewah dan selalu mengikuti trend yang ada, tanpa kamu sadari, itu adalah hal yang sebenarnya tidak penting untuk keberlangsungan hidupmu. Lebih baik gaya hidupmu diseimbangi dengan pendapatan yang kamu hasilkan. Dengan terus membeli barang-barang yang sekiranya terlihat sama dengan orang lain, itu akan membuat kamu menjadi satu kebiasaan yang buruk. Bisa jadi kamu akan tidak betah jika tidak bisa mengikuti orang lain. Lebih baik hidup sederhana, tapi finansialmu jauh lebih baik untuk masa depanmu juga. 

Itulah beberapa hal yang bisa mencirikan bahwa kamu belum terlalu bisa berhemat. Jika memang ada niat, kamu bisa mengubah pelan-pelan kebiasaan jelek itu. Sebaiknya sebelum mengeluarkan uangmu, coba dipikirkan dahulu untuk menggunakannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak