facebook

4 Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga yang Sukses dan Efektif

Rozi Rista Aga Zidna
4 Cara Membuat Anggaran Rumah Tangga yang Sukses dan Efektif
Ilustrasi menghitung anggaran rumah tangga (Pixabay.com/stevepb)

Anggaran bisa membantu kita dalam menemukan cara untuk menutup kelemahan dalam anggaran keluarga. Selain itu, anggaran juga dapat membuat kita mengendalikan anggaran sesuai dengan penghasilan yang ada. Bila tidak mampu, maka anggaran bisa ditinjau ulang, ditata kembali, atau sebagian poinnya ditunda. 

Membuat anggaran keluarga ini mampu mengevaluasi anggota-anggota dalam hal pengeluaran, pendapatan, pelipatgandaan pendapatan, penataan pengeluaran, dan kontrol bagi orang yang berlebihan. Membuat anggaran keluarga juga bertujuan untuk melatih anak-anak dalam mengatur keuangan dan ekonomi keluarga.

Berikut empat cara yang harus diperhatikan untuk membuat anggaran rumah tangga yang sukses dan efektif:

1. Musyawarah

Meskipun istri adalah penanggung jawab pertama dalam manajemen keuangan keluarga, tetapi ia harus tetap meminta bantuan anggota keluarga lainnya dalam membuat perencanaan yang akan dipakai oleh manajemen tersebut. Anggota keluarga yang paling penting dalam hal ini adalah suami. Sebab, ia adalah sumber utama dalam pendapatan keluarga. Dan ia juga ikut serta dalam pembelanjaannya.

Suami adalah pihak yang menjadi tempat konsultasi istri dalam hal perancangan anggaran keluarga. Lalu, istri harus berdiskusi dengan anak-anak. Sebab, mereka adalah sumber utama dalam pembelanjaan anggaran rumah tangga, bahkan belanja konsumtif keluarga mayoritas digunakan untuk mereka.

2. Realistis

Realistis dalam anggaran maksudnya harus memperhatikan jumlah pendapatan dan pengeluaran. Dalam membuat anggaran, kita tidak boleh terjebak dalam optimisme yang berlebihan atau pesimisme yang keterlaluan. Kita harus membuat anggaran realistis sesuai dengan prinsip pertengahan dan tidak berlebihan. Begitu pula saat belanja, kita harus membuatnya realistis dengan tidak terjebak dalam keoptimisan bahwa rezeki sudah diatur.

3. Seimbang

Manajer yang pintar adalah manajer yang merencanakan anggaran belanjanya sesuai dengan penghasilan yang didapatkan, dan bukan sebaliknya. Sebagian orang memulai dengan memutuskan apa yang ia butuhkan, baru kemudian memikirkan dari mana ia dapat memperoleh penghasilan untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

4. Fleksibel

Kondisi yang kita alami senantiasa berubah-ubah. Oleh karena itu, dalam membuat rencana anggaran, kita harus memiliki kesiapan dan antisipasi jika ada perubahan dalam anggaran keuangan kita, dan segera bersiap untuk menanggulanginya sehingga anggaran rumah tangga kita tetap efektif.

Itulah empat cara dalam membuat anggaran rumah tangga yang kuat dan efektif. Jika keempat tips tersebut dilaksanakan dengan sempurna, maka besar kemungkinan, anggaran yang kita garap akan sukses.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak