facebook

3 Tips Menjadi Pribadi Berwawasan Luas, Jangan Terpaku di Satu Bidang Saja

Rizky Melinda Sari
3 Tips Menjadi Pribadi Berwawasan Luas, Jangan Terpaku di Satu Bidang Saja
Ilustrasi bertukar pikiran (pexels/Pavel Danilyuk)

Berwawasan luas merupakan salah satu kepribadian yang akan membuat hidup kita semakin mudah dalam berbagai aspek. Orang lain cenderung lebih senang berinteraksi dan mengobrol dengan orang yang memiliki wawasan luas, entah dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Hal ini karena orang yang berwawasan luas akan selalu nyambung ketika diajak berbicara mengenai topik apapun.

Haruskah kita menjadi seseorang yang berwawasan luas? Jawabannya tentu saja harus! Jika kita memiliki wawasan yang luas, kita akan mudah membangun relasi dengan orang lain, sehingga berbagai kesempatan akan datang menghampiri. Ingatlah, salah satu kunci untuk membuka kesempatan seluas-luasnya adalah dengan memulai pembicaraan dengan orang lain.

Berikut ini adalah tiga cara atau langkah strategis yang bisa kamu terapkan agar bisa memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, yuk disimak hingga akhir!

1. Mulai mengubah pola pikir

Orang yang memiliki wawasan luas tidak mudah puas dengan apa yang telah ia ketahui dan ia pelajari. Ia tidak akan terfokus pada satu bidang saja, tetapi juga penasaran dan terus belajar hingga bidang lainnya. Pola pikir yang menekankan bahwa kita harus ahli dalam satu bidang saja dapat menghambat kita untuk menjadi orang yang berwawasan luas.

Menguasai satu bidang tertentu memang baik, apalagi jika bidang tersebut berhubungan dengan profesi kita, tetapi bukan berarti kita berhenti untuk terus belajar dan meng-upgrade ilmu di bidang lainnya.

2. Rajin membaca dan memperbaharui pengetahuan

Salah satu hobi yang sering dilakukan oleh orang berwawasan luas tentu saja adalah membaca dan memperbaharui pengetahuan mereka. Bacaan yang mereka pilih pun tidak asal berita simpang siur yang tidak jelas asal-muasalnya, melainkan berita yang berlandaskan fakta dan data. 

Berwawasan luas bukan berarti mengetahui semua gosip yang beredar tanpa sumber yang jelas, tetapi update mengenai perkembangan dunia dalam berbagai bidang seperti politik, olahraga, bisnis, tekonologi, sosial, budaya, dan lain sebagainya.

3. Aktif berkomunikasi dan bertukar pikiran

Salah satu cara lainnya yang bisa kita jadikan kebiasaan agar berwawasan luas adalah dengan rajin membangun komunikasi dan bertukar pikiran dengan orang lain. Berdiskusi dengan orang lain akan membuat pikiran dan wawasan kita jadi fleksibel, sehingga kita tidak akan terperangkap pada sudut pandang pribadi saja.

Mengikuti webinar juga merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan, tetapi jangan asal ikut saja. Kita harus bisa memanfaatkan webinar dengan baik, misalnya dengan bertanya kepada narasumber dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya, bukannya hanya mendaftar, lalu duduk di depan layar komputer dan menyimak saja.

Itulah tiga cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan wawasan kamu agar semakin luas dan berkembang. Jangan pernah merasa cukup dalam belajar, karena ada banyak sekali ilmu pengetahuan yang semakin kita pelajari, semakin membuat kita merasa haus untuk terus belajar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak