facebook

5 Keuntungan Kerja Lapangan, Penghasilan Berpotensi Lebih Besar!

Diat Anugrah
5 Keuntungan Kerja Lapangan, Penghasilan Berpotensi Lebih Besar!
Ilustrasi pekerja lapangan (Pexels.com/Los Muertos Crew)

Banyak orang yang berpikir bahwa tempat kerja yang paling baik adalah kantor, atau dalam bahasa lain, kerja yang paling baik adalah kerja kantoran.

Pandangan ini tentu tidak muncul begitu saja. Pekerja kantoran identik dengan pakaian rapi, ruangan ber-AC, komputer, dan gambaran lainnya yang membuat kerja kantoran terlihat lebih baik dari pekerjaan lainnya.

Padahal, saat ini ada berbagai macam pekerjaan yang bukan kantoran seperti kerja lapangan. Misalnya seperti pekerja konstruksi, tenaga marketing, kolektor, dan lain sebagainya. Meskipun tidak bekerja di kantor, pekerjaan lapangan memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan bagi pekerjanya.

Berikut ini adalah 5 kelebihan pekerjaan lapangan.

1. Waktu Kerja Lebih Fleksibel

Jika kita bekerja di kantor, kita akan memiliki waktu atau jam kerja yang tetap dimana seringkali waktu tersebut terkesan kaku. Misalnya dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Namun, berbeda dengan pekerjaan lapangan. Pekerjaan ini umumnya memiliki waktu yang lebih fleksibel, menyesuaikan keadaan. 

Terlebih banyak pekerjaan lapangan yang memiliki target tertentu misalnya target bulanan. Maka, yang jadi acuan adalah kinerja pencapaian target tersebut, bukan waktu kerja. Pekerja lapangan bisa bekerja lebih lama ataupun sebentar yang penting target tercapai.

2. Memiliki Jaringan Luas

Pekeja lapangan akan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Berbeda dengan pekerja kantoran yang cenderung bertemu dengan orang yang sama setiap hari. Kondisi seperti ini kemudian membuat pekerja lapangan jadi memiliki jaringan yang luas. Apalagi jika tempat kerjanya berpindah-pindah.

3. Peraturan Lebih Longgar

Kantor biasanya memiliki aturan yang sangat ketat untuk dipatuhi. Misalnya mengenai pakaian dan pola kerja. Namun tidak dengan pekerja lapangan, seperti waktu kerja yang lebih fleksibel, aturan di lapangan juga cenderung lebih longgar. Kita bisa memgatur pola kerja kita sendiri asalkan pekerjaan beres dan target tercapai.

4. Potensi Pendapatan yang Besar

Pekerja lapangan memang harus siap mengejar target yang diberikan. Namun apabila kita berhasil mencapai target tersebut, ada potensi pendapatan besar yang menanti. Misalnya dari bonus, insentif, dan lain sebagainya.

5. Membentuk Mental

Pekerja lapangan harus siap mengejar target, bertemu dengan orang yang berbagai macam karakternya, serta bertanggung jawab atas pekerjaan mereka sendiri di hadapan banyak orang di lapangan.

Tidak jarang, pekerja lapangan berada dalam posisi yang kurang mengenakkan. Kondisi seperti ini kemudian mampu membentuk mental pekerja lapangan menjadi lebih kuat.

Demikian 5 keuntungan menjadi pekerja lapangan. Tertarik mencoba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak